Spesifikasi Pinisi Wartawan yang Terbalik di Labuan Bajo

CNN Indonesia | Selasa, 21/01/2020 17:25 WIB
Kapal yang mengangkut rombongan wartawan Istana terbalik di Labuan Bajo, berikut spesfikasi pinisi tersebut. Ilustrasi (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapal pinisi pengangkut wartawan dalam kunjungan kerja Presiden  di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, mendadak terbalik di tengah laut hari ini Selasa (20/1). Para pewarta ini menumpang kapal bernama Plataran Pinisi Bali.


Kapal ini merupakan kapal milik Hotel Plataran. Namun kapal itu bukan yang digunakan Jokowi selama berada di Labuan Bajo, tapi sempat ditumpangi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kemarin.

Mengutip situs resmi Plataran, kapal tersebut umumnya digunakan bersantai di tengah laut, atau melakukan kegiatan menyelam.

Kapal yang memiliki panjang 15 meter dan lebar 4 meter ini mempunyai kapasitas empat tamu, serta enam awak kapal yang bertugas. Kapal pun dilengkapi satu mesin merek Mitsubishi 6D16 180 PK.



Mesin ini merupakan mesin 6 silinder dengan kapasitas mesin 7.545 cc. Dengan kekuatan mesin 185 HP dan putaran hingga 2.800 rpm, seperti dikutip dari situs jual beli mesin Hesco Trade.

Kapal juga dilengkapi dengan perangkat keselamatannya berupa 15 jaket pelampung, satu rakit, empat penyelamat atau lifebuoys, empat alat pemadam, serta peralatan P3K.


Marketing Plataran Eka Saputra tidak memberikan jawaban ketika ditanya terkait kapal nahas tersebut.


[Gambas:Video CNN]

Menurut pihak Istana insiden itu terjadi di luar agenda kenegaraan, karena setelah acara terakhir di Labuan Bajo pada Selasa pagi (21/1), Jokowi dan Ibu Negara Iriana, langsung ke Bandara Komodo untuk bertolak ke Jakarta.

Sementara para wartawan memilih ke dermaga menaiki kapal menuju Pulau Bidadari. Dalam perjalanan itu terjadi perubahan cuaca mendadak yaitu ombak tinggi dan angin kencang sehingga kapal terbalik.

Istana pun memastikan tidak ada korban jiwa atas insiden itu baik dari pihak wartawan maupun awak kapal. Namun, para awak media kehilangan harta benda mereka.

Kapal pinisi memang menjadi salah satu alat transportasi andalan ketika berwisata berkeliling pulau-pulau di Labuan Bajo yang ada di barat pulau Flores itu.

Spesifikasi mesin kapal pinisi 

Cylinders6-silinder
Kapasitas mesin7.545 cc
Kekuatan
185 PS@ 2800 rpm
Pendingin mesin
Pendingin air, Direct Injection
Girboks (Marine Transmission-opsional)
MB170 Ratio, Advance Base frame /base plate,Housing
Berat mesin625 kg
Dashboard (265x190 mm) 12/24volt
Tachometer (RPM)
hourmeter (HM)
voltmeter battery (V.Batt)
Oil pressure gauge (P)
Water Temperature Gauge (T)
Solenoid Startstop Switch & kunci
Electric plug
Alarm for oil pressure and coolant temperature
Charge Control
Mesin kapal 6D16- Mitsubishi
(ryh/eks)


ARTIKEL TERKAIT