Alugoro, Kapal Selam Pertama Buatan Indonesia Lolos Uji Coba

CNN Indonesia | Rabu, 22/01/2020 11:45 WIB
Kapal selam Alugoro dirakit di Indonesia sudah berhasil lolos tahap pengujian. Alugoro berhasil menyelam hingga kedalaman 250 meter. Alugoro merupakan salah satu senjata berbentuk Gada yang dimiliki oleh Prabu Baladewa. (Foto: Detikcom/Amir Baihaqi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapal selam Alugoro buatan PT PAL Indonesia (persero) berhasil menjalani tahapan Nominal Diving Depth (NDD) di perairan utara Pulau Bali, Selasa (21/1). Kapal selam ini merupakan kapal selam pertama yang berhasil di rakit di Indonesia.

Kapal Selam Alugoro berhasil menyelam hingga kedalaman 250 meter dalam tahapan NDD yang merupakan bagian dari 53 item Sea Acceptance Test (SAT).

Keberhasilan pembangunan Kapal Selam Alugoro menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam.


Berdasarkan cerita pewayangan, Alugoro adalah merupakan salah satu senjata berbentuk Gada yang dimiliki oleh Prabu Baladewa. Prabu Baladewa merupakan tokoh wayang yang dikenal adil, tegas dan jujur.

"Kapal selam tersebut sepenuhnya dibangun di Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero). Dalam pengerjaan joint section PT PAL Indonesia (Persero) berhasil menyelesaikan dengan predikat zero defect," kutip keterangan resmi PT PAL, Rabu (22/1).

Kapal Selam Alugoro merupakan kapal selam ketiga yang berhasil dibuat oleh PT PAL bekerjasama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) asal Korea Selatan.

Sebelumnya, kedua perusahaan sudah pernah membuat kapal selam KRI Nagabanda tahun 2017 dan KRI Ardadedali pada 2018. Ketiganya merupakan kapal-kapal batch pertama dalam kerjasama pembangunan kapal selam antara kedua perusahaan. Namun, dua kapal itu belum dirakit di Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

Tahapan NDD Kapal Selam Alugoro ditinjau langsung oleh Kadislaikmatal Laksma Rachmad Hartoyo, Project Officer Kemhan Laksma Listiyanto, Direktur Utama PT PAL Budiman Saleh, dan Executive Vice President DSME Su Joon Yoo.

Kepala Divisi Kapal Selam PT PAL Satriyo Bintoro menuturkan keberhasilan tahapan NDD menjadi acuan bahwa proses pembangunan kapal selam Alugoro sudah mencapai 90 persen.

PT PAL menyampaikan peluncuran dan peresmian nama Kapal Selam Alugoro telah dilakukan di Dermaga Kapal Selam PT PAL, Surabaya, pada 11 April 2019.  Setelah itu, Kapal Selam Alugoro menjalani berbagai proses pengujian, seperti Harbour Acceptance Test (HAT) dan SAT.

PT PAL sedianya bakal menyerahkan Kapala Selam Alugoro kepada Kementerian Pertahanan untuk digunakan oleh TNI AL pada Desember 2020.
(jps/eks)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK