20 Tahun, 213 Ribu Lebih Honda CR-V Beredar di Indonesia

CNN Indonesia | Rabu, 22/01/2020 19:42 WIB
20 Tahun, 213 Ribu Lebih Honda CR-V Beredar di Indonesia Ilustrasi mobil SUV Honda CR-V. (M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Honda mengumumkan penjualan Sport Utility Vehicle (SUV) CR-V selama 20 tahun kiprahnya di Tanah Air. Hingga akhir Desember 2019, klaim Honda sebanyak 213.241 unit CR-V terjual di dalam negeri.

Honda pun mengklaim CR-V sebagai model SUV dengan periode penjualan paling panjang atau sejak 2000 silam, serta angka penjualan paling tinggi di Indonesia.

"Honda CR-V merupakan produk istimewa bagi Honda, karena merupakan produk kelas dunia yang juga telah mempunyai sejarah panjang dan konsumen loyal di Indonesia," kata Bussines Innovation & Sales Marketing Director Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy di Jakarta, Rabu (22/1).

Di Indonesia CR-V sudah punya lima generasi. Generasi kelima sekaligus paling baru meluncur pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 perombakan desain. 

Pada generasi itu Honda juga memperkenalkan mesin baru CR-V yaitu 1.500 cc VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 187 hp pada 5.600 rpm dan torsi 24,8 Nm pada 2.000- 5.000 rpm. Dapur pacu itu dikawinkan CVT.



Pada generasi kelima, Honda juga menawarkan pilihan CR-V dengan kapasitas tujuh penumpang pada varian 1.5 liter Turbo dan 1.5 liter Turbo Prestige, serta pilihan lima penumpang pada varian 2.000 cc.

Honda pertama kali memperkenalkan Honda CR-V pada tahun 1995 dan masuk pasar Indonesia pada 2.000. Hingga sekarang CR-V telah dipasarkan di 130 negara dengan penjualan lebih dari 9 juta unit di seluruh dunia.

Honda CR-V generasi pertama yang diperkenalkan di Indonesia dikenal sebagai SUV 'Cross Country' yang dibekali mesin 2.000 cc dengan transmisi otomatis dan manual. 

[Gambas:Video CNN]


Sedangkan Honda CR-V generasi kedua yang diluncurkan pada tahun 2002 mulai mengusung desain crossover yang lebih stylish dan peningkatan dari sisi performa dan utilitas.

Generasi ketiga CR-V meluncur pada 2007. Untuk  pertama kalinya mobil itu hadir dengan transimi manual enam percepatan dan pertama ada pada mobil sekelasnya. Selain itu mesin CR-V membengkak jadi 2.400 cc. Lima tahun berselang atau pada 2012 Honda meluncurkan generasi ke-empat CR-V. 
 
Sederet fitur baru mulai dibenamkan antaranya Paddle Shift, Cruise Control, Drive by Wire, Grade Logic Control, dan Shift Hold Control. Beberapa teknologi penunjang kenyamanan juga hadir, misalnya Smart Key, One Push Ignition System, ECON Mode, dan Eco Assist.

Generasi empat CR-V juga dilengkapi NanoeTM yang berfungsi menjaga kualitas udara di kabin.

"Kami berterima kasih atas dukungan dari konsumen dan media selama 20 tahun perjalanan Honda CR-V di Indonesia," kata Yusak.

(ryh/DAL)