Drama Kia dan Mercedes-Benz dengan Gaikindo Berakhir

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Kamis, 23/01/2020 17:46 WIB
Gaikindo pecat Kia dan Mercedes-Benz pada 2018 karena dinilai tidak melakukan kewajiban sebagai anggota. Ilustrasi Kia dan Mercedes-Benz rujuk dengan Gaikindo. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kia dan Mercedes-Benz rujuk dengan asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Kedua merek otomotif itu mulai tak terdaftar dalam keanggotaan Gaikindo pada 2018 dengan kasus berbeda.

Deputy Director Sales Operations & Product Management Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) Kariyanto Hardjosoemarto mengatakan kembali menjadi anggota Gaikindo akhir tahun lalu.

"Per November tahun kemarin kami sudah kembali jadi anggota," kata Kariyanto Hardjosoemarto saat dikonfirmasi, Kamis (23/1).


Mercedes-Benz keluar dari struktur keanggotaan asosiasi dengan alasan prinsipal mereka tidak mau ikut aturan yang ditetapkan Gaikindo terkait pengumpulan data penjualan per bulan di Indonesia.

Padahal menurut Gaikindo data penjualan itu merupakan permintaan pemerintah yang ketentuannya ada pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 79/PMK Tahun 2013 tentang Rincian Jenis Data dan Informasi serta Tata Cara Penyampaian Data dan Informasi yang Berkaitan dengan Perpajakan.

Berdasarkan data wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) Gaikindo 2019, Mercedes-Benz sudah aktif kembali menyertakan angka penjualan mulai November 2019.

"Jadi pada prinsipnya begitu kami bergabung dengan Gaikindo maka kami akan mengikuti aturan main yang ada di Gaikindo sebagaimana anggota yang lain," ucap Kariyanto.

Sementara itu Presiden Direktur Kreta Indo Artha selaku pemegang merek Kia di Indonesia, Andrew Nasuri juga mengakui bila Kia sudah kembali menjadi anggota Gaikindo.

"Kami langsung, sudah ajukan baru," ujar Andrew.

Namun Andrew tidak menjabarkan sejak kapan merek Kia menjadi anggota Gaikindo.

Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto yang dihubungi membenarkan jika Kia sudah kembali menjadi anggotanya.

Berbeda kasus dari Mercedes-Benz, Kia dipecat karena tidak melakukan kewajiban menyetor iuran ke Gaikindo.

Iuran wajib para anggota sudah diatur dalam Anggaran Dasar Rumah Tangga Gaikindo. Iuran itu untuk menunjang segala aktivitas Gaikindo.

[Gambas:Video CNN]

Gaikindo punya klasifikasi untuk menentukan jumlah iuran. Buat kelas Kia besarnya Rp10 juta - Rp15 juta per bulan. Pembayaran iuran tergantung anggota. Bisa dilakukan per bulan atau langsung setahun.

Kia keluar dari anggota saat masih dipegang Kia Mobil Indonesia (KMI). Sedangkan Kreta merupakan perusahaan patungan baru yang dibentuk Indomobil Sukses Internasional dan Sarimitra Kusuma Ekajaya.

"Kia sudah masuk, tapi saya lupa persisnya kapan. Tapi kami sangat welcome. Kia mulai bisnis lagi juga sangat bagus semakin memberi banyak pilihan kepada konsumen Indonesia," tutup Jongkie. (ryh/mik)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK