Honda Mobilio Baru Meluncur di GIIAS 2020

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Kamis, 23/01/2020 11:36 WIB
Honda Mobilio Baru Meluncur di GIIAS 2020 Honda Mobilio baru akan muncul di GIIAS 2020. (Foto. Dok. Honda Prospect Motor)
Bandung, CNN Indonesia -- PT Honda Prospect Motor (HPM) punya beberapa strategi sepanjang 2020 terkait model barunya. Salah satunya meluncurkan generasi baru Mobilio di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2020 berlangsung di ICE BSD Tangerang, Banten.

"(Mobilio baru) kita tunggu di GIIAS saja ya," kata Bussines Innovation & Sales Marketing Director Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/1).

Yusak belum dapat berbicara banyak mengenai perubahan pada Mobilio. Ia hanya bilang menyegarkan produk menjadi salah satu strategi Honda tahun ini termasuk kepada Mobilio.


"Ya product refreshment itu kan salah satu strategi," ucapnya.

Sejak diluncurkan pertama kali pada 2014, Mobilio cuma mengalami ubahan 'seadanya' pada lampu dan bodi. Facelift Mobilio pernah dilakukan pada 2017 dan 2019 dengan mesin sama.

Sebelumnya Honda RnD Asia Pacific Tsutomu Harano sempat mengatakan akan ada perubahan pada Mobilio menyusul permintaan konsumen dalam negeri di kelas low MPV.

[Gambas:Video CNN]

"(Karakter sekarang) karena pada saat pembuatannya level Mobilio hanya Avanza, atau Suzuki APV. Nah setelah itu malah ada Ertiga dan tiba-tiba Xpander masuk," ucap Harano saat itu.

Di segmennya Mobilio bersaing dengan Avanza-Xenia, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina.

Mobilio sempat menjadi tulang punggung penjualan Honda, namun penjualannya terus menyusut dari tahun ke tahun. Penjualan Mobilio per bulan cuma 1.000an unit selama 2019, dan jika ditotal penjualan wholesales Januari-Desember 2019 sekitar 15 ribuan.

"Tapi Mobilio masih stabil nomor tiga setelah Brio dan HR-V. Mobilio juga masih ngandalin fleet (konsumen borongan)," tutup Yusak. (ryh/mik)