Honda Sebut Kia Seltos 'Murah' Bukan Ancaman HR-V

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 24/01/2020 12:18 WIB
Honda Sebut Kia Seltos 'Murah' Bukan Ancaman HR-V Kia Seltos dilengkapi mesin empat silinder 1.353 cc turbocharged. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bussines Innovation & Sales Marketing Director Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy menanggapi pendatang baru Kia Seltos di Indonesia. Seltos disebut-sebut pesaing terdekat Honda HR-V.

Menurut Yusak, kendati Seltos dijual lebih murah dari Honda HR-V dan dilengkapi fitur masa depan, namun sejatinya Seltos dikatakan bukan pesaing HR-V. HPM pun tidak khawatir karena konsumen lebih 'cerdas' memilih compact SUV untuk dikendarai sehari-hari.

"Soal kompetitor, konsumen sekarang sudah smart ya, tidak lihat dari newness saja dan harga murah," kata Yusak di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/1).


Selain itu, dijelaskan Yusak, yang menentukan konsumen dalam hal membeli mobil pribadi karena alasan pelayanan purna jual dan ketersediaan suku cadang. Dalam hal ini Honda disebut telah melengkapi fasilitas itu hingga sudah sangat meyakinkan konsumen.

"Aftersales dan brand value dilihat, nanti kalau dia mau jual, resale value dia juga lihat," ucap Yusak.

Karena itu, Yusak melanjutkan bahwa HR-V sudah sangat menempati hati konsumen dalam negeri.

HR-V diketahui hadir dengan lima varian termasuk pilihan mesin 1.800 cc. Mobil itu dibanderol Rp297 juta sampai yang termahal Rp415,7 juta.

[Gambas:Video CNN]

Sementara Seltos punya tiga varian yakni E Rp295 juta, EX Rp320 juta, dan EX+ Rp355 juta.

Meski punya banderol lebih murah ketimbang HR-V fitur yang Kia Seltos tawarkan Kia tidak kalah. Misalnya atap menggunakan sunroof, wireless charging, jok kulit, hingga tersemat lobang AC pada baris kedua.

Kemudian fitur keselamatan enam airbag (pengemudi, penumpang, dan samping), electronic stability control, dan hill assist sebagai standar. Lalu terdapat parking assist, high mounted stop lamp, dan keyless entry.

Seltos ini dibekali mesin Kappa 4-silinder 1.353 cc turbocharged. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis kopling ganda (DCT) tujuh percepatan.

Di atas kertas, mesin itu mampu menyemburkan 138 tenaga kuda pada rpm 6.000 dan torsi 242 Nm pada 1.500 hingga 3.200 rpm. (ryh/mik)