Jokowi Rentan Peretasan Seperti Jeff Bezos

CNN Indonesia | Jumat, 24/01/2020 14:56 WIB
Jokowi Rentan Peretasan Seperti Jeff Bezos Presiden Joko Widodo diduga bisa saja mengalami peretasan seperti yang terjadi pada Jeff Bezos. (Biro Pers Istana Kepresidenan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengamat keamanan siber mengatakan pejabat negara sekelas Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan menteri-menteri rentan terhadap peretasan seperti dialami Jeff Bezos. Hal ini diungkap terkait kasus peretasan ponsel orang terkaya dunia itu lewat WhatsApp.

Ia diduga diretas dengan mengirimkan spyware dari akun WhatsApp Pangeran Arab Saudi, Muhammed bin Salman (MbS). Peretasan dilakukan dengan video yang berisi spware lewat akun MBS pada 1 Mei 2018. 

Pengamat keamanan siber dari Vaksin.com Alfons Tanujaya mengatakan presiden, wakil presiden, dan para menteri masuk kategori VIP yang harus memiliki pengamanan spesial.


"Soal potensi pejabat Indonesia diretas itu saya setuju. Memang pejabat penting di Indonesia, presiden, menteri dan pejabat dengan posisi penting harus diamankan dengan baik dan itu tugas Badan Siber dan Sandi Negara atau Badan Intelijen Negara (BIN)," ujar Alfons saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (24/1).

Dihubungi terpisah CEO & Chief Digital Forensic Indonesia, Ruby Alamsyah juga setuju dengan Alfons bahwa pejabat penting di Indonesia bisa diserang peretas seperti yang dialami CEO Amazon.

Asumsinya adalah Bezos pasti memiliki keamanan digital mumpuni mengingat ia seorang konglomerat yang juga bergerak di bidang teknologi.

"Logikanya Jeff Bezos yang kaya dan miliki tim keamanan khusus baik maupun fisik dan itu bisa dibobol. Apalagi pejabat pemerintah di Indonesia yang belum punya tools atau tim serupa dan masih gunakan ponsel yang umum," kata Ruby.

[Gambas:Video CNN]

Untuk mencegah kejadian peretasan yang dialami Bezos,  Ruby lebih lanjut menyarankan agar pejabat Indonesia dibekali dengan ponsel yang dirancang khusus anti retas. Hal ini untuk menjaga privasi terkait konten rahasia negara antar pejabat

"Kalau untuk pejabat tertentu yang membutuhkan keamanan komunikasi mereka harus pikirkan dan sarankan mereka gunakan secure phone khusus," ujarnya. 

Sebelumnya, berdasarkan laporan penyidik PBB, ponsel iPhone X Jeff Bezos telah terinfeksi spyware pada Mei 2018. Spyware ini diduga dikirim lewat akun WhatsApp Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Bezos menjadi sasaran infeksi lantaran ia menjadi pemilik Washington Post. Ini adalah surat kabar yang mempekerjakan Jamal Khashoggi, wartawan yang jadi incaran kerajaan Saudi. Ruby pun menduga ponsel Jamal Khashoggi pun diduga disusupi malware paling canggih, Pegasus. 

(jnp/eks)