Google Buat Fitur Berbagi File Gratis Pesaing iPhone

CNN Indonesia | Selasa, 28/01/2020 01:12 WIB
Google Buat Fitur Berbagi File Gratis Pesaing iPhone Ilustrasi. Google akan luncurkan fitur berbagi file gratis dan cepat menggunakan WiFi dan Bluetooth untuk perangkat Android.(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google dikabarkan tengah merampungkan fitur berbagi file pesaing AirDrop yang kerap digunakan pengguna iPhone. Fitur anyar ini bakal diberi nama Nearby Sharing dan berlaku antar pengguna Android.

Fitur berbagi file menggunakan jaringan WiFi ini sudah cukup lama dinikmati pengguna iPhone. Dengan fitur ini, pengguna perangkat besutan Apple bisa berbagi file dengan lebih mudah, cepat, dan murah. Sebab, pengguna tak perlu menggunakan internet saat ingin mengirim file.

AirDrop menggunakan kombinasi Wi-Fi dan Bluetooth. Pengiriman file bisa dilakukan antar iPhone atau dengan laptop Mac.

Berdasarkan laporan XDA Developer, diperkirakan fitur ini akan bisa digunakan untuk perangkat Android yang memiliki layanan Google Play di ponsel tersebut. Dengan demikian, perangkat Huawei anyar yang sudah dikeluarkan dari lingkup Google Play sepertinya tak bisa menggunakan layanan ini. Namun, Huawei sudah mengembangkan sendiri layanan berbagi file lewat WiFi yang dinamakan Huawei Share.


Mengutip Gizmodo, saat ini fitur tersebut berhasil dicoba pada dua ponsel besutan Google, Pixel 2 XL dan Pixel 4. Pengguna dapat menggunakan NFC, Bluetooth dan Wifi untuk mentransfer file.

Cara kerja fitur Nearby Sharing diklaim cukup mudah, pengguna dapat memilih akun Google mana yang ingin digunakan untuk mentransfer file lewat Nearby Sharing. 

[Gambas:Video CNN]

Setelah itu pengguna juga bisa mengatur visibilitas akun. Artinya, Google memungkinkan pengguna mengatur perangkat mereka apakah ingin dilihat oleh semua kontak Google terdekat atau hanya perangkat tertentu.

Nearby Sharing pun memungkinkan pengguna untuk memilih apakah akan mentransfer file menggunakan internet di perangkat atau lewat WiFi.

Namun, seperti dikutip The Verge, Google bukan lah satu-satunya perusahaan yang membuat fitur berbagi file. Perusahaan elektronik asal Korea Selatan, Samsung Electronics pun tak mau ketinggalan.

Samsung dikabarkan sedang mempersiapkan fitur Quick Share. Tidak berhenti sampai di sini, tiga vendor ponsel China yaitu Xiaomi, Oppo, dan Vivo tahun lalu sempat mengumumkan tengah menggarap fitur serupa.

Kendati demikian, belum ada kepastian kapan Nearby Sharing dan Quick Share akan secara resmi disematkan pada perangkat Android. (din/eks)