Virus Corona Menyebar, Netizen Gemakan #INA_CoronaVirusAlert

CNN Indonesia | Senin, 27/01/2020 21:11 WIB
Virus Corona Menyebar, Netizen Gemakan #INA_CoronaVirusAlert Ilustrasi virus Corona. (Chinatopix via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Virus Corona yang melanda China secara perlahan mulai menimbulkan kepanikan warga Indonesia. Hal itu terlihat dari tagar #INA_CoronaVirusAlert yang menjadi trending pertama di linimasa Twitter.

Berdasarkan pantauan, lebih dari 45 ribu kicauan yang menyertakan tagar #INA_CoronaVirusAlert hingga pukul 19.00 WIB. Tagar #INA_CoronaVirusAlert berisi beragam komentar.

Salah satu warganet yang berkomentar dengan tagar itu adalah @BobbyIrfs. Dia berharap virus Corona yang berasal dari kota Wuhan, China itu tidak merebak ke Indonesia.

"Ya Allah,semoga virus ini tidak menyebar kemana mana #INA_CoronaVirusAlert #INA_CoronaVirusAlert," kicau @BobbyIrfs, Senin (28/1).




Kicauan berbeda disampaikan oleh warganet dengan akun @futurenostalgia. Dia meminta adanya pelarangan penerbangan dari China ke Indonesia.

"No offense but please block all the flights from China #INA_CoronaVirusAlert," kicau @futurenostalgia yang telah di sukai lebih dari seribu akin dan kicau ulang sebanyak 609 kali sejak diunggap pukul 11.24 WIB.



Sementara warganet @I_FLY_SOSPECIAL menilai keberadaan virus Corona membuat situasi seperti dalam film korea berjudul Train to Busan. Dia pun mengimbau saling mengingatkan untuk menjaga diri dari terjangkitnya virus tersebut.

"belakangan ini hidup manusia kaya dikejar kejar zombie. dah mirip train to busan lagi. so buat kalian, kalau keluar rumah pake masker, cuci tangan dan kaki pas sampe rumah, dan saling mengingatkan Keluarga kalian dirumah. #INA_CoronaVirusAlert," kicau @I_FLY_SOSPECIAL.





Di sisi lain, warganet dengan akun @silkyroasted terlihat tidak banyak berkomoentar terkiat dengan virus Corona. Dia hanya menyampaikan tengah melihay para pihak berkomentar terkait dengan virus Corona yang dikabarkan telah menjangkiti ratusan orang di China.

"Waktunya melihat para pemikir sedang membacot yang tiada guna di sosmed wkwkwk #INA_CoronaVirusAlert," kicau @silkyroasted.



Sebelumnya, Menteri Keshatan Terawan Agus Putranto memastikan virus Corona tidak terdapat di Indonesia. Dia menyebut informasi adanya pasien terjangkit virus Corona adalah hoaks.

"Enggak ada yang suspect," ujar terawan di Makassar, Minggu (26/1).

[Gambas:Video CNN]

Kementerian Luar Negeri juga memastikan tak ada Warga Negara Indonesia terutama mahasiswa yang teridentifikasi terjangkit virus corona di Wuhan, China.

"Belum ada laporan. Sampai sekarang kami tidak temukan ada WNI di wilayah tersebut yang terkena N-cov (corona virus)," kata Teuku Faizasyah di Gedung Kemenlu, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Senin (27/1).

(jps/DAL)