Mazda CX-30 Meluncur, 'Colek' Eclipse Cross dan C-HR

CNN Indonesia | Selasa, 28/01/2020 14:29 WIB
Mazda CX-30 Meluncur, 'Colek' Eclipse Cross dan C-HR Mazda CX-30 meluncur di Indonesia pada Selasa (28/1). (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai pemegang merek Mazda di Indonesia resmi meluncurkan model baru CX-30 yang diposisikan menyasar segmen ringkas Sport Utility Vehicle (SUV).

Sebelum bergerak ke Indonesia, SUV dua baris berkapasitas empat penumpang dewasa ini pertama debut global pada Maret 2019 di ajang Geneva International Motor Show.


Pihak EMI menyebutkan CX-30 mengadopsi desain 'Kodo' yang sudah menjadi identitas mobil-mobil Mazda. Penjelasan lanjut soal Kodo di CX-30 yaitu pada pemahamannya tentang Yohaku yang berarti keindahan ruang kosong, Sori sebagai kurva yang menggambarkan ketenagaan dan keseimbangan serta Utsuroi yaitu permainan cahaya dan bayangan.


"Ini adalah generasi keduanya. Mazda CX-30 dirancang sebagai partner penting dalam keseharian," kata Presiden Direktur EMI Ricky Thio di bilangan Jakarta Pusat, Selasa (28/1).

[Gambas:Video CNN]

CX-30 memiliki dimensi panjang 4.395 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.540 mm, jarak antarsumbu roda 2.655 mm, dan ground clearance 180 mm. Desain eksterior CX-30 yang diakhiri pada lampu depan-belakang LED dijelaskan memiliki proporsi yang menggabungkan SUV dan coupe atau kendaraan dengan atap belakang landai.

Pada interiornya terdapat head unit layar sentuh 8,8 inci, sedangkan sistem audio dilengkapi delapan speaker 3-way dengan Woofer pada bagian dasbor. Sementara tweeter 2,5 cm terletak pada kiri dan kanan dasbor.

CX-30 dilengkapi berbagai fitur keselamatan antaranya 'Driver Monitor'. Fitur yang mengandalkan kamera dan LED infrared ini dapat menilai kondisi pengemudi saat berkendara sehingga mampu mengetahui tingkat kelelahan.

Mazda CX-30 Meluncur, 'Colek' Eclipse Cross dan CH-RMazda CX-30 meluncur di Indonesia pada Selasa (28/1). (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)


Jika fitur mendeteksi kondisi berkendara yang bahaya, sistem akan mengeluarkan bunyi peringatan untuk pengemudi. Kemudian sistem Smart Brake Support (SBS) bakal mengantisipasi untuk kebutuhan pengereman lebih baik.

Mobil ini menggendong mesin bensin Skyactiv-G 2.000 cc yang dipadukan dengan transmisi otomatis enam percepatan Skyactiv-Drive. Mesin itu sama seperti digunakan Mazda 3 itu mampu menyemburkan tenaga maksimal 152,8 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi puncak 200 Nm pada 4.000 rpm.

Di Indonesia, CX-30 berhadapan langsung dengan Toyota C-HR dan Mitsubishi Eclipse Cross. EMI memasarkan CX-30 dengan dua varian yang dijual Rp478 juta - Rp522,8 juta on the road Jakarta. (ryh/fea)