Planet Terpanas di Ekstrasurya Tembus 4.300 Derajat Celcius

CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 19:15 WIB
Planet Terpanas di Ekstrasurya Tembus 4.300 Derajat Celcius Ilustrasi planet. (DasWortgewand/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- NASA Spitzer Space Telescop menyatakan KELT-9b merupakan planet ekstrasurya terpanas yang pernah ditemukan dari beberapa bintang yang ada. Suhu KELT-9b diketahui mencapai 7.800 Farenheit atau 4.300 derajat celcius.

Melansir CNN, studi yangdilakukanNASASpitzerSpaceTelescop menunjukkan bahwa molekul-molekul diatmosferKELT-9b terus-menerus hancur berkeping-keping akibat suhu yang sangat panas tersebut.

Planet ekstrasurya KELT-9 pertama kali ditemukan pada tahun 2017 oleh para astronom menggunakan proyek Kilodegree Extremely Little Telescope, yang menggabungkan kekuatan pengamatan dua teleskop robot di Afrika Selatan dan Arizona selatan.

Data baru yang disediakan oleh Spitzer, observatorium inframerah NASA, menunjukkan bahwa molekul gas hidrogen diparut di sisi lain planet ini. Molekul-molekul itu tidak dapat membentuk kembali sampai muncul di sisi lain planet, yang sedikit lebih dingin.



Melansir Space, NASA menemukan bukti bahwa molekul gas hidrogen terkoyak di sisi hari planet KELB-9b. Penelitian juga memberikan bukti bahwa KELT-9b bukan satu-satunya planet di mana molekul-molekul dihancurkan itu mungkin terjadi pada exoplanet ultrahot lainnya juga.

"Planet jenis ini sangat ekstrem dalam suhu, agak terpisah dari banyak planet ekstrasurya lainnya," Megan Mansfield, seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas Chicago dan penulis utama makalah.

Untuk menemukan bukti tersebut, tim menggunakan data dari NASA yang melakukan pengamatan dalam cahaya inframerah dan dapat menunjukkan variasi halus dalam panas di KELT-9b.

[Gambas:Video CNN]

Dengan menganalisis data itu. para peneliti dapat melihat perubahan di atmosfer planet pada siang dan malam saat KELT-9b mengorbit bintangnya.

KELT-9b mengorbit bintangnya begitu dekat sehingga satu tahun hanya berlangsung selama 1,5 hari Bumi. KELT-9b juga terkunci secara tidal, artinya setiap sisi (siang dan malam) menghadap secara permanen menuju atau menjauh dari bintangnya.  Meskipun terkunci, gas dan panas mengalir dari siang hari ke malam hari.

KELT-9b adalah sebuah ultrahot Jupiter yang berada 670 tahun cahaya dari Bumi. Beratnya diperkirakan sekitar tiga kali massa Jupiter.

(jps/DAL)