Edukasi & Fitur

Guna Fitur Choke yang Kini Hilang di Motor Baru

CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 21:24 WIB
Guna Fitur Choke yang Kini Hilang di Motor Baru Fitur choke pada sepeda motor karburator yang tidak lagi dibutuhkan pada motor injeksi. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seiring perkembangan zaman ada banyak fitur pada sepeda motor yang mesti pensiun sebab tak lagi dibutuhkan, salah satunya adalah choke. Fitur ini tersedia pada motor tipe karburator dan sudah tidak dibutuhkan pada tipe injeksi.

Choke berfungsi menyalurkan lebih banyak bahan bakar ke karburator agar pembakaran bisa dilakukan lebih cepat. Salah satu kelemahan karburator yaitu suplai bahan bakar dan udara bisa tidak konsisten, sehingga dalam kondisi tertentu bantuan choke diperlukan.


Pada banyak motor choke didesain berupa tuas yang ditempatkan di bagian bawah setang sebelah kiri. Namun selain itu ada juga yang posisinya di dekat karburator.


Pada umumnya choke digunakan saat ingin menyalakan motor karburator pada pagi hari, kondisi dingin, atau ketika mesin sulit dihidupkan. Choke berkaitan dengan kebiasaan pemilik motor karburator yang memanaskan mesin pada pagi hari.

Dept Head of Service Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda dua Riecky Patrayudha mengatakan choke menghilang lantaran motor masa kini sudah beralih ke injeksi. Seingat dia motor Suzuki mulai menghapus choke pada medio 2009 silam.

Pada motor injeksi, suplai bahan bakar mengandalkan perlengkapan elektronik seperti sensor yang dikendalikan Engine Control Module (ECM) saat kunci kontak diputar ke posisi on.


Beda seperti karburator yang bisa tidak konsisten urusan suplai bahan bakar, ECM bakal mengatur sesuai kebutuhan dan lebih presisi. Sistem komputer ini yang membuat choke tidak lagi dibutuhkan.

Selain itu sistem komputer juga membuat memanaskan mesin motor tak lagi selama ritual motor karburator.

"Jadi dari sensor yang ada, sudah bisa diketahui berapa volume jumlah bahan bakar yang harus dikirimkan ke ruang bakar melalui kalkulasi yang dilakukan oleh ECM," kata Riecky, Rabu (29/1).

Riecky mengungkap sebelum choke benar-benar dihapus, produsen motor sempat menawarkan choke dengan sistem elektrik.

"Jadi tidak ada tuasnya walaupun masih menggunakan karburator," kata Riecky. (ryh/fea)


BACA JUGA