Jack Ma-Bill Gates Kucurkan Dana Miliaran Bantu Pasien Corona

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Kamis, 30/01/2020 13:55 WIB
Jack Ma-Bill Gates Kucurkan Dana Miliaran Bantu Pasien Corona Pendiri Alibaba (BABA) Jack Ma. (Foto: ANTARA FOTO/ ICom/AM IMF-WBG/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyebaran virus corona telah menarik perhatian banyak orang di dunia, termasuk dua pesohor Jack Ma dan Bill Gates.

Kabar terakhir, korban meninggal akibat virus corona di China telah mencapai 170 orang. Wabah ini terus menyebar ke sejumlah negara dan memakan korban.

Atas rasa perikemanusiaan, pendiri Alibaba telah menyumbangkan 100 juta yuan atau Rp201,6 miliar (US$1 = Rp14.000) melalui yayasannya untuk membantu menemukan vaksin corona virus di Wuhan dikutip dari CNN, Kamis (30/1).


Donasi tersebut menyusul pengumuman pada hari Sabtu oleh perusahaan Alibaba bahwa pihaknya sedang menyiapkan dana US$ 144 juta untuk kebutuhan medis di provinsi Wuhan dan Hubei, yang menjadi pusat penyebaran virus corona.

Selanjutnya dana tersebut untuk mendukung perawatan pasien yang terpapar virus corona yang hingga saat ini belum diketahui vaksinnya.

Alibaba adalah salah satu dari sejumlah perusahaan teknologi China yang menyumbangkan dana untuk upaya pengobatan corona virus, menurut surat kabar milik pemerintah China Daily.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, pendiri Microsoft, Bill Gates melalui yayasan Bill and Melinda Gates Foundation memberikan bantuan berupa dana sebesar US$10 juta (Rp136 miliar) untuk akomodasi dalam perawatan pasien terjangkit virus corona di Wuhan.

Dilansir Businessinsider.co.z, dari total itu, yayasan memberikan US$5 juta untuk membantu mengatasi virus Corona di Tiongkok, sedangkan setengahnya disalurkan ke African Centres for Disease Control and Prevention untuk pengendalian dan kesiapan krisis di Afrika.

"Dana itu digunakan untuk membantu para perawat di China dan Afrika dalam merawat pasien dan menahan penyebaran nCoV (virus corona)," kata Bill and Melinda Gates Foundation dalam keterangan resmi. (mik)