Ada Ribuan Malware di Balik Penghargaan Grammy Award 2020

CNN Indonesia | Minggu, 02/02/2020 12:34 WIB
Puluhan ribu file berbahaya dengan nama-nama artis nominasi dan judul lagu di penghargaan musik Grammy Awards 2020 digunakan untuk sebar malware. Ilustrasi malware. (Istockphoto/ Gangis_Khan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kaspersky menemukan 30.982 file berbahaya yang menggunakan nama-nama artis nominasi dan judul lagu di penghargaan musik Grammy Awards 2020, yang digunakan untuk penyamaran malware.

Berdasarkan keterangan rilis yang diterima CNNIndonesia.com hari ini (31/1), setidaknya ada 12 lagu yang digunakan peretas untuk menyebarkan malware:

1. Ariana Grande - 7 Rings
2. Billie Eilish - Bad Guy
3. Bon Iver - Hey, ma
4. H.E.R - Hard Place
5. KHALID - Talk
6. Lady Gaga - Always Remember Us This Way
7. Lana Del Rey - Norman F*cking Rockwell
8. LIL NAS X - Old Town Road
9. Lizzo - Truth Hurts
10. Post Malone dan SwaeLee - Sunflower
11. Tanya Tucker - Bring My Flowers Now
12. Taylor Swift - Lover


"Analisis pada artis yang dinominasikan menunjukkan bahwa nama-nama Ariana Grande, Taylor Swift, dan Post Malone paling banyak digunakan untuk menyamarkan file berbahaya, dengan lebih dari 55 persen file berbahaya terdeteksi dinamai dengan nama mereka," kata Analis Kaspersky.


Selain itu, jumlah pengunduh file berbahaya penyanyi remaja Billie Eilish telah meningkat hampir sepuluh kali lipat dibanding tahun 2018 yaitu 254 menjadi 2.171 dan untuk jumlah file berbahaya yang didistribusikan meningkat dari 221 menjadi 1.556.

Oleh sebab itu, Kaspersky merekomendasikan sejumlah opsi agar pengguna terhindar dari file yang disusupi malware, antara lain:

1. Jika Anda ingin mendengarkan atau mengunduh lagu-lagu dari artis populer, gunakan layanan terkemuka seperti Apple Music, Spotify Premium, dan Amazon Music atau situs musik gratis yang memungkinkan Anda mengunduh lagu secara legal.

2. Hindari tautan yang mencurigakan dan menjanjikan konten musik eksklusif. Lalu periksa akun media sosial resmi musisi atau baca blog musik terkemuka seperti Pitchfork, guna memastikan konten tersebut benar-benar ada.

[Gambas:Video CNN]

3. Perhatikan ekstensi file yang diunduh. Jika Anda akan mengunduh file audio atau video dari sumber yang dianggap terpercaya, file tersebut harus memiliki ekstensi mp3., .avi, .mkv atau .mp4 di antara format musik dan video lainnya dan bukan .exe atau Ink.

Grammy Awards ke-62 digelar Senin (27/1) Nama-nama pemenang telah diumumkan, menobatkan Billie Eilish sebagai juara umum yang menyapu bersih piala-piala dari kategori bergengsi.

Dalam sejumlah kategori utama tersebut, Eilish mengalahkan sejumlah musisi besar lainnya seperti Ariana Grande, Lana Del Rey, Taylor Swift, serta Lady Gaga. Selain itu, dia juga mengalahkan jumlah piala yang didapat Lizzo sebagai peraih nominasi terbanyak di Grammy Awards tahun ini dengan delapan kategori.

Lizzo tercatat hanya memenangkan tiga dari delapan nominasi itu, yakni dengan Best Pop Solo Perfomance, Best Urban Contemporary Album, dan Best Traditional R&B Perfomance.

Selain menerima penghargaan, Eilish juga turut hadir sebagai salah satu penampil utama. Diiringi sang kakak, ia tampil menyanyikan When The Party's Over.

(din/DAL)