Punya Layanan Baru, GrabKios Targetkan 1 Juta Mitra pada 2021

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 06/02/2020 08:52 WIB
GrabKios menyatakan ingin terus memajukan warung agar tidak ada pihak yang tertinggal serta dapat turut andil sebagai penggerak ekonomi Indonesia. Ilustrasi Grab Kios. (Grab)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tahun 2020 ini, GrabKios ingin menunjukkan keseriusannya dalam memajukan wirausahawan mikro dan bisnis skala kecil. Hal tersebut diwujudkan dengan menghadirkan produk dan layanan yang inovatif.

"Ke depannya, kami ingin terus memajukan warung agar tidak ada yang tertinggal serta dapat turut andil sebagai penggerak ekonomi Indonesia menuju ekonomi digital," ujar Head of GrabKios Agung Nugroho melalui keterangannya, Jakarta, Selasa (4/2).

Harapannya dengan penambahan variasi produk digital dan layanan terbaru, GrabKios optimistis tembus 1 juta mitra GrabKios di Indonesia pada 2021.


Adapun produk dan layanan terbaru GrabKios meliputi pengurangan beban biaya usaha, penyediaan tambahan modal usaha dan layanan keuangan, serta perluasan jenis layanan yang ditawarkan oleh warung. Berikut rinciannya.

1. Mengurangi biaya usaha
GrabKios menyediakan produk yang lebih beragam dan memberikan kemudahan kepada warung tradisional untuk memesan barang dagangan (grosir) melalui aplikasi. Barang yang dijual dengan harga kompetitif itu akan diantarkan langsung ke pemilik warung secara gratis dan tersedia pilihan pembayaran cash-on-delivery (COD), yang sesuai dengan kebutuhan warung kecil.

Tak cuma itu, di 2020 ini GrabKios mulai menghadirkan berbagai produk segar seperti sayuran, buah-buahan, daging ayam, telur yang didukung oleh TaniHub. GrabKios juga memperluas jangkauan produk grosir yang didistribusikan ke merchant GrabFood.

2. Memberikan tambahan modal
GrabKios menyediakan akses tambahan modal usaha dan layanan keuangan untuk membantu warung untuk meningkatkan usahanya. Produk tersebut di antaranya:

- Layanan pengiriman uang atau domestic remittance: Kemudahan layanan kirim uang yang diinisiasi GrabKios bersama Bank Negara Indonesia (BNI) sudah dinikmati oleh lebih dari 300 ribu pelanggan warung dengan lebih dari 1 juta transaksi.

- Asuransi mikro: GrabKios akan menyediakan asuransi mikro yang inovatif dan belum pernah ada di pasar. Produk asuransi ini ditujukan bagi mitra GrabKios dan para pelanggannya melalui kerja sama dengan mitra penyedia asuransi.

- Memberikan modal pinjaman: GrabKios akan menawarkan pinjaman tunai yang disalurkan melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan fintech tepercaya yang telah mendapatkan lisensi dari OJK. Produk pinjaman yang disediakan disalurkan ke mitra GrabKios sebagai tambahan modal yang dapat digunakan untuk mengembangkan usahanya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mitra GrabKios.

- Metode pembayaran alternatif: GrabKios menyediakan metode pembayaran alternatif untuk pelanggan mitra GrabKios berupa Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Dengan kode QR, pelanggan warung dapat berbelanja dan membayarnya dengan aplikasi dompet digital.

Selain mendukung program Gerakan Nontunai Bank Indonesia, program ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kemudahan pembayaran untuk pelanggan mitra GrabKios serta dapat membuka pintu bagi mitra maupun pelanggan mitra GrabKios untuk mengakses produk-produk finansial lainnya.

3. Memperluas jenis layanan
Selama 5 tahun terakhir, GrabKios telah menghadirkan beberapa layanan untuk menambah penghasilan para mitranya. Mulai dari berbagai produk digital: pulsa dan paket data, token listrik, pembayaran tagihan (air, listrik, telepon, multifinance, dll) hingga pendaftaran mitra pengemudi Grab. (fef)