Bayar Belanjaan di GrabKios Lebih Praktis Pakai QR Code

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 06/02/2020 11:45 WIB
Hal ini sesuai dengan arahan Bank Indonesia bahwa nantinya semua warung tak terkecuali yang konvensional akan menggunakan QR code. Foto: Istockphoto/https://www.facebook.com/PlargueDoctor/
Jakarta, CNN Indonesia -- Tahun ini GrabKios bakal menerapkan pembayaran dengan sistem pemindai kode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk pelanggan mitra merchant.

Head of GrabKios Agung Nugroho mengatakan tahun ini GrabKios bakal gencar meningkatkan akses terhadap layanan keuangan, seperti menyediakan alternatif metode pembayaran yang lebih mudah bagi pelanggan.

"GrabKios menjadikan warung sebagai titik bagi masyarakat agar mereka dapat mengakses berbagai produk digital, keuangan, asuransi, tabungan. Ke depannya, kami ingin terus memajukan warung agar tidak ada yang tertinggal serta dapat turut andil sebagai penggerak ekonomi Indonesia menuju ekonomi digital," ujar Agung melalui keterangannya, Kamis (30/1).


Dengan kode QR tersebut, pelanggan warung pun dapat berbelanja dan membayar dengan aplikasi dompet digital yang mereka miliki. Sehingga transaksi akan lebih praktis dan nyaman.

Hal ini pun sesuai dengan arahan Bank Indonesia bahwa nantinya semua warung tak terkecuali yang konvensional akan menggunakan QR code.

"Selain mendukung program Gerakan Nontunai BI, program ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kemudahan pembayaran untuk pelanggan mitra GrabKios serta dapat membuka pintu bagi mitra maupun pelanggan mitra GrabKios untuk mengakses produk-produk finansial lainnya."

Diketahui, GrabKios terus berkomitmen memberdayakan para mitra melalui pemanfaatan teknologi, salah satunya dalam pengembangan layanan finansial.

Dimulai dengan layanan pengiriman uang atau domestic remittance yang telah terlebih dulu diluncurkan pada Mei 2019. Bekerja sama dengan Bank BNI, layanan ini sudah dinikmati oleh 300 ribu pelanggan warung dengan lebih dari 1 juta transaksi.

"Dengan layanan ini GrabKios berada pada posisi terbaik memperluas jangkauan layanan keuangan masyarakat yang memiliki keterbatasan akses digital dan perbankan hingga pelosok negeri," ujarnya.

Selain memberikan kemudahan transfer uang, di tahun 2020 ini GrabKios akan menyediakan asuransi mikro dan menawarkan pinjaman tunai yang disalurkan melalui perusahaan-perusahaan fintech yang terlisensi OJK. (fef)