Modifikasi Mobil Listrik Dipersilakan Unjuk Gigi

CNN Indonesia | Selasa, 11/02/2020 02:15 WIB
Modifikasi Mobil Listrik Dipersilakan Unjuk Gigi VW kodok menjadi yang diubah jadi mobil listrik. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Era kendaraan listrik sudah dimulai di Indonesia dan tidak lama lagi bukan tidak mungkin karya modifikasi menarik hasil ide pemiliknya muncul ke permukaan. Penyelenggara Indonesia Modification Expo (IMX) membuka kesempatan modifikasi kendaraan listrik unjuk gigi dan berkumpul di satu tempat di acara yang bakal digelar 10-11 Oktober 2020.


Andre Mulyadi, Project Director IMX, menjelaskan, ada tempat khusus yang sudah disediakan untuk pameran modifikasi mobil dan motor listrik. Lokasi ini, kata Andre, bisa jadi lokasi pamer kendaraan listrik hasil konversi dari mesin konvensional.

"Nah di IMX kami siapin elektrik area. Itu area khusus mobil atau motor berpenggerak listrik. Ada modifikasi di sana. Jadi ada motor dan mobil tapi udah dimodifikasi," kata Andre di Jakarta Selatan, Rabu (5/2).


Andre belum bisa memastikan berapa banyak unit kendaraan listrik yang bakal dipamerkan di IMX. Menurut dia unit-unit yang sudah dijadwalkan masih dalam tahap persiapan.

Tren Modifikasi Kendaraan Listrik

Andre mengatakan tren awal modifikasi pada kendaraan listrik di Indonesia bakal dimulai dengan dari sentuhan ubahan penampilan. Pendiri National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) itu juga bilang para pemilik kendaraan listrik bisa melakukannya dengan memanfaatkan perlengkapan aksesori pada eksterior.

"Jadi mungkin lebih ke style dahulu," ucap Andre.


Menurut dia, bila antusias dunia modifikasi kendaraan listrik sudah terbentuk, bukan tidak mungkin ada kreativitas yang sampai mengubah teknis sistem teknologi listrik seperti penggerak dan baterai.

"Jika sudah jadi style baru dibuat konsorsium siapa yang bisa support baterai, terus baru akan dibangkitin antusiasnya dulu," ucap Andre. (ryh/fea)