7 Perusaaan Batal Ikut Pameran Teknologi Akibat Virus Corona

CNN Indonesia | Selasa, 11/02/2020 15:36 WIB
Amazon menarik diri dari perhelatan pameran teknologi Mobile World Congress (MWC) 2020 di Barcelona, Spanyol karena virus corona. Ilustrasi virus corona. (STR / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah perusahaan teknologi menyatakan absen dari gelaran pameran teknologi terbesar di dunia, Mobile World Congress (MWC) 2020. Mereka mengundurkan diri akibat makin merebaknya wabah virus corona di beberapa negara di dunia.

LG, Nvidia, hingga Sony sudah menyatakan batal hadir di acara yang akan dilaksanakan di Barcelona, Spanyol pada 24-27 Februari 2020 itu. Sementara ZTE yang sebelumnya menyatakan tak hadir, mengonfirmasi kehadiran mereka di pameran tersebut.Alasan pembatalan keikutsertaan sejumlah perusahaan raksasa teknologi itu disebutkan demi mencegah penyebaran virus yang kian masif.

Saat ini, wabah virus corona novel (2019-nCoV) sudah menewaskan lebih dari seribu orang. Selain itu, puluhan ribu orang di beberapa negara telah terdeteksi terjangkit virus ini.

Berikut daftar perusahaan yang absen memamerkan produk anyar mereka di MWC 2020 Barcelona:


1. LG Electronics

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, LG Electronics memastikan pihaknya tidak akan hadir di MWC 2020.

Kendati demikian, perusahaan mengatakan akan membuat acara terpisah untuk mengumumkan perangkat terbaru mereka.

"Dengan mengutamakan keselamatan karyawan dan masyarakat umum, LG telah memutuskan untuk menarik diri dari MWC 2020 akhir bulan ini di Barcelona, Spanyol," kata juru bicara LG.

"Sebagai pengganti, LG akan mengadakan acara terpisah dalam waktu dekat untuk mengumumkan produk ponsel terbaru," lanjut dia.

2. NVIDIA

Perusahaan produsen prosesor grafis, NVIDIA melalui blog resmi mereka memutuskan untuk tidak mengirimkan perwakilan mereka, demi menjaga kesehatan karyawan.

Padahal, perusahaan menyebut akan memperkenalkan perangkat 5G dengan teknologi vRAN untuk mendukung kebutuhan industri.

"Kami sangat menantikan untuk berbagi terkait proyek AI [kecerdasan buatan] dan perangkat 5G dengan bantuan teknologi vRAN bagi kebutuhan industri. Kami menyesal tidak hadir tapi percaya ini adalah keputusan yang tepat. Kami berterima kasih atas kepemimpinan GSMA dan upaya berkelanjutan untuk memastikan keselamatan semua peserta," tulis jurus bicara NVIDIA.

3. Ericsson

Salah satu perusahaan pesaing terbesar Huawei Technologies dalam menyediakan peralatan jaringan telekomunikasi yakni Ericsson pun mengundurkan diri dari MWC 2020. Sebab, perusahaan tak bisa menjamin kesehatan karyawan dan pengunjung yang hadir.

"Ericsson menghargai bahwa GSMA telah melakukan segala yang mereka bisa untuk mengendalikan risiko [wabah virus corona]. Namun, sebagai salah satu peserta pameran terbesar, Ericsson memiliki ribuan pengunjung, perusahaan tidak dapat menjamin kesehatan dan keselamatan karyawan dan pengunjungnya," kata pihak Ericsson seperti dikutip CNN.

Meski begitu, perusahaan dikabarkan akan menyelenggarakan acara tersendiri untuk memamerkan konten dan konten yang dibuat untuk acara MWC 2020 Barcelona.

[Gambas:Video CNN]

4. Sony

Perusahaan teknologi asal Jepang, Sony telah lebih dulu mengumumkan bahwa pihaknya tidak akan berpartisipasi di pameran teknologi terbesar itu.

Sebagai gantinya, Sony akan mengadakan konferensi pers melalui saluran Youtube mereka untuk memperkenalkan produk terbaru yang seharusnya dipamerkan di MWC 2020.

"Konferensi pers Sony nantinya dijadwalkan pada 24 Februari 2020 pukul 08.30 [waktu setempat] melalui saluran Youtube Xperia resmi kami untuk berbagi cerita menarik tentang produk kami," tulis juru bicara Sony di website resminya.

5. TCL

Perusahaan manufaktur telekomunikasi asal China, TCL pada Senin (10/2) kemarin memutuskan untuk tidak mengirimkan karyawan mereka ke MWC 2020 seperti diberitakan CNET.

"Kami sangat hati-hati dan peduli terhadap staf, pelanggan, pers [jurnalis], dan tamu-tamu kamu lainnya," kata juru bicara TCL.

6. Amazon

Perusahaan retail milik Jeff Bezos yakni Amazon pun ikut-ikutan menarik diri dari MWC 2020 karena khawatir terhadap wabah virus corona.

"Amazon akan menarik diri dari MWC 2020 karena wabah virus corona dan kekhawatiran lanjutan terkait virus itu," kata juru bicara Amazon

7. Intel

Inter juga menyatakan tidak menghadiri MWC 2020 di Barcelona. Mereka beralakasan akan mengutamakan keselamatan para pekerja dan partner mereka. Padahal sebelumnya diperkirakan Intel akan mengumumkan produk anyar mereka di acara ini.

ZTE Pastikan Hadir di MWC 2020

Sementara itu, perusahaan manufaktur telekomunikasi asal China, ZTE pada Rabu (5/2) sempat mengumumkan pihaknya enggan menghadiri MWC 2020 karena wabah virus corona.

Namun, perusahaan itu lantas berubah pikiran. Melalui keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com hari ini (10/2), ZTE mengkonfirmasi pihaknya akan tetap berpartisipasi di MWC 2020. Perusahaan perangkat telekomunikasi itu berencana untuk menampilkan solusi 5G. (din/DAL)