Cara Gunakan Tombol Darurat Grab dan Gojek

CNN Indonesia | Senin, 10/02/2020 18:48 WIB
Berikut cara pakai tombol darurat yang ada di aplikasi Grab dan Gojek. Ilustrasi. Cara pakai fitur keselamatan tombol darurat di Grab dan Gojek. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pengguna Grab mengaku telah dibawa kabur oleh sopir GrabCar. Ia lantas berhasil selamat berkat fitur Tombol Darurat di layanan transportasi online itu. Fitur serupa pun dimiliki oleh Gojek.

Selain tombol darurat, kedua apliaksi ini juga memiliki fitur keselamatan lain yauitu bagikan perjalanan. Fitur ini membuat pengguna bisa membagikan perjalanan dengan relasi terdekat.

Cara pakai tombol darurat Grab.
Cara Gunakan Tombol Darurat Grab dan GojekFitur tombol darurat Grab bisa diakses dari pilihan Pusat Keselamatan di pojok kanan atas saat pengguna tengah melakukan perjalanan dengan supir Grab. (dok. Grab)

1. Sebelum bisa menggunakan fitur tombol darurat, pengguna mesti mendaftarkan tiga kontak darurat terlebih dulu.


Pengguna bisa tambahkan kontak darurat di 'profil' kemudian pilih 'Kontak Darurat'. Dari situ pengguna bisa menambahkan kontak darurat.

2. Dalam kondisi darurat klik tulisan 'Pusat Keselamatan' dengan ikon perisai, kemudian pilih 'Dapatkan Bantuan Darurat'.

3. Petugas keamanan Grab pun akan segera menghubungi pengguna. Grab mengingatkan tombol ini hanya dipakai untuk situasi darurat ketika pengendara menghadapi tindak kriminal atau kondisi yang membahayakan.

Selain tombol darurat, terdapat fitur lain pada pilihan pusat keselamatan, seperti membagikan detil perjalanan dan laporkan kasalah keselamatan.

Jika semua kontak darurat yang sudah didaftarkan akan menerima SMS pemberitahuan secara simultan. Semua SMS yang diterima oleh kontak darurat pengguna akan dikirim oleh Grab atas nama pengguna.

Selain itu, Grab juga memiliki fitur 'Pusat Keselamatan'. Dalam fitur ini pengguna bisa membagikan detail perjalanan, melaporkan masalah keselamatan, dan mendapatkan bantuan darurat.

[Gambas:Video CNN]

Fitur keselamatan Gojek
Cara Gunakan Tombol Darurat Grab dan GojekFitur tombol darurat Gojek bisa diakses pada menu Darurat di bagian atas tengah aplikasi ketika pengguna melakukan perjalanan dengan supir Gojek. (dok. Gojek)

Senior Manager Corporate Affair Teuku Parvinanda mengatakan aplikasi Gojek dibekali dengan fitur 'Tombol Darurat' Gojek bisa digunakan baik oleh pengguna atau mitra driver.

"Setiap laporan yang masuk, akan ditangani oleh Unit Darurat Gojek yang siaga 24 jam," ujar Teuku dalam keterangan resmi kepada CNNIndonesia.com, Senin (10/2).

Teuku menjelaskan Unit Darurat Gojek bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menawarkan bantuan yang menyeluruh mulai dari penelusuran laporan, tindakan medis, pemeriksaan fisik, pemulihan psikis dan trauma, hingga pendampingan hukum.

"Kinerja Unit Darurat Gojek, turut didukung oleh keberadaan ambulans yang siap dikerahkan untuk melakukan penanganan medis awal. Ambulans Gojek kini telah tersebar di seluruh kota utama di mana Gojek beroperasi," kata Teuku.

Cara pakai tombol darurat Gojek

1. Saat pesanan sudah dilakukan dan pengguna sudah mendapatkan pengemudi, pilih ikon perisai.
2. Kemudian pilih ikon Panggil bantuan darurat untuk meminta bantuan ke Unit Darurat Gojek.

Tak hanya tombol darurat, Gojek juga dilengkapi dengan fitur 'Bagikan Perjalanan' yang memungkinkan pengguna untuk membagikan informasi perjalanan kepada keluarga dan teman. Informasi perjalanan bisa dibagikan melalui SMS, WhatsApp, hingga Line. (jnp/eks)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK