Cara Atasi Masalah Windows 7 yang Buat Komputer Tak Bisa Mati

CNN Indonesia | Rabu, 12/02/2020 09:57 WIB
Pengguna Windows 7 bmelaporkan bug yang membuat pengguna tak bisa mematikan komputer. Windows 7. (ROBYN BECK / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengguna Windows 7 baru saja melaporkan bug yang membuat pengguna tak bisa mematikan komputer. Hingga saat ini penyebab pasti bug belum juga diketahui, apakah disebabkan virus atau karena pembaruan sistem.

Patut diingat bahwa Microsoft telah menghentikan dukungan ke Windows 7 sejak Januari 2020. Artinya Windows 7 tak akan lagi mendapatkan pembaruan dari Windows 7.

Dilansir dari ZDNet ada beberapa cara bagi pengguna agar dapat mematikan komputer.


Pertama, pengguna harus keluar dari akun dengan menekan Windows + L. Kemudian bisa gunakan tombol merah di sudut kanan bawa layar untuk mematikan atau restart komputer.


Kedua, pengguna bisa menekan CTRL + ALT + DELETE bersama-sama  untuk masuk ke halaman Task Manager. Gunakan tombol merah di sudut kanan bawah layar untuk mematikan atau restart komputer.

Kedua cara di atas merupakan solusi sementara karena saat pengguna menyalakan komputer lagi, bug masih tetap ada di komputer. Sehingga mau tidak mau pengguna harus mengulangi salah satu dari dua cara di atas untuk mematikan komputer.

[Gambas:Video CNN]

Dilansir dari Lifehacker, ada cara yang permanen untuk menghapus bug. Pengguna bisa mengikut langkah-langkah di bawah ini:

1. Tekan Windows + R untuk membuka jendela Run .
2. Ketik gpedit.msc dan tekan Enter .
3. Di jendela Editor Kebijakan Grup, buka: Computer Configuration > Windows Settings > Security Settings > Local Policies > Security Options.
4. Di panel kanan opsi Security Options, cari dan klik dua kali pada "User Account Control: Run all administrators in Admin Approval Mode."
5. Di jendela baru, pilih Aktifkan
6. Buka kembali jendela Run , tetapi kali ini ketik "gpupdate / force " dan tekan Enter . Ini akan memperbarui semua kebijakan grup.
7. Nyalakan kembali atau matikan sistem Anda secara normal.

(jnp/DAL)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK