Rincian Modifikasi Truk Mitsubishi Fuso Agar Tahan Minum B30

CNN Indonesia | Rabu, 12/02/2020 10:43 WIB
Rincian Modifikasi Truk Mitsubishi Fuso Agar Tahan Minum B30 Medium Duty Truck Mitsubishi Fuso Fighter. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemegang merek Mitsubishi Fuso di Indonesia, Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengungkap strategi perusahaan melakukan modifikasi spesifikasi produk guna menyesuaikan jenis bahan bakar diesel baru, yaitu biodiesel 30 (B30), yang sudah resmi diedarkan pemerintah mulai Januari lalu. KTB merekomendasikan modifikasi itu juga dilakukan konsumen yang sudah memiliki truk Fuso.

Yogi Krisdian, Head of Strategy and Planning Department KTB menjelaskan modifikasi yang sudah dilakukan perusahaan yakni pada sistem suplai bahan bakar truk medium Fuso dan model baru Fighter.

Fighter merupakan model terbaru yang telah resmi meluncur pada Januari lalu untuk menggantikan Fuso. Fighter menggunakan mesin commonrail (6M60) yang lebih modern ketimbang mesin non-commonrail Fuso (6D16). KTB saat ini sudah menjual Fighter dan masih menawarkan sisa stok Fuso.


Yogi menjelaskan pihaknya telah menambahkan komponen bernama pre-filter bahan bakar pada unit Fuso yang akan dijual ke konsumen per tahun ini untuk menambah kemampuan menyaring kandungan B30 yang dapat merusak mesin dalam jangka panjang.

Menurut dia pre-filter itu bakal memaksimalkan komponen yang sudah tersedia sebelumnya untuk ketahanan B30 yaitu water separator dan main filter yang berada dekat mesin.

"Itu dulunya hanya water separator saja nah sekarang dimodifikasi dengan menambahkan pre-filter di atasnya," jelas Yogi di Jakarta, Selasa (11/2).

[Gambas:Video CNN]

Modifikasi Fighter

Modifikasi ketahanan B30 yang dilakukan KTB untuk Fighter berbeda dari Fuso. Khusus Fighter, KTB menambah satu saringan bahan bakar hingga jumlah totalnya menjadi tiga.

"Nah untuk yang Fighter ditambah lagi jadi tiga filter. Setelah tangki bahan bakar ada filter pertama, filter kedua, baru main filter, jadi tiga kali penyaringan. Tujuannya, karena ini mesin commonrail, otomatis lebih sensitif," ujar Yogi.

Semua konsumen yang membeli Fuso dan Fighter pada tahun ini sudah mendapatkan spesifikasi ketahanan B30 tersebut. Yogi merekomendasikan konsumen yang telah membeli truk Mitsubishi sebelumnya agar lebih perhatian pada sistem bahan bakar terkait B30 dan melakukan modifikasi seperti yang sudah disebutkan di dealer resmi.

Yogi menjelaskan biaya modifikasi Fuso berkisar Rp1,5 juta hingga Rp2 juta.

"Ini harus diedukasi juga ke konsumen, bahwa dengan penggunaan B30 kita harus lebih perhatian lagi ke perawatan terutama di sistem bahan bakar. Salah satunya untuk pencegahan dengan modifikasi tadi, menambahkan filter atau mengganti pre-filter," ujar Yogi.

Yogi mengatakan spesifikasi truk ringan Colt Diesel tidak bermasalah dengan B30. Modifikasi ketahanan yang sudah dilakukan sebelumnya untuk B20 disebut masih bisa digunakan untuk B30. (fea/mik)