Tambah Pendapatan, Istri Driver Ikut Kelas Memasak ala Gojek

Gojek, CNN Indonesia | Kamis, 13/02/2020 13:36 WIB
Kelas memasak bertujuan untuk mengembangkan keterampilan supaya para istri mitra driver GoCar dan GoRide bisa memiliki kesempatan untuk berwirausaha. Para istri mitra driver Gojek ketika ikut kelas memasak dengan Chef Bara Pattiradjawane (Foto: Gojek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di zaman modern seperti saat ini, penghasilan rumah tangga tidak lagi bergantung kepada kepala keluarga saja. Ibu rumah tangga pun dapat melakukan berbagai macam usaha dari rumah dan dapat membantu juga dalam menginvestasikan pendapatan suami untuk menambah pendapatan.

Pada Sabtu (2/8) lalu, Gojek mengadakan kelas memasak yang diperuntukkan bagi para istri mitra driver GoCar dan GoRide. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program 'Pelatihan Gojek Swadaya' yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan, supaya para istri mitra driver bisa memiliki kesempatan untuk berwirausaha sekaligus meningkatkan pendapatan keluarga.

VP Region Ops & Jabodetabek Gojek Gede Manggala mengatakan tujuan diselenggarakannya program pelatihan Gojek Swadaya adalah untuk meningkatkan kapabilitas, kompetensi, serta potensi peningkatan pendapatan mitra driver dan keluarganya.


"Dengan mengkombinasikan metode pelatihan yang efektif dari Gojek Wirausaha, para expert, serta kelebihan fitur dalam ekosistem Gojek, kami harap semakin banyak mitra driver dan keluarga yang dapat merasakan manfaat dari program pelatihan Gojek Swadaya ini," ujar Gede melalui keterangannya, Jakarta, Selasa (11/2).

Kelas memasak merupakan langkah awal yang disediakan oleh Gojek karena dirasa cocok bagi para ibu rumah tangga untuk memulai berwirausaha. Selain karena pasarnya yang luas, usaha di bidang kuliner juga tidak memerlukan modal yang besar namun pendapatan yang dihasilkan dapat membantu meningkatkan pendapatan yang signifikan.

"Sejauh ini, sudah lebih dari 2.300 keluarga mitra mengikuti pelatihan Gojek Swadaya dan telah terbukti dapat meningkatkan penghasilan keluarga Rp1-4 juta tiap bulannya. Bahkan, di Tasikmalaya ada yang berhasil meraih omzet hingga Rp20 juta per bulan setelah mengikuti pelatihan ini," ujarnya.

Kelas memasak itu diisi oleh salah satu chef terkenal di dunia kuliner, Chef Bara Pattiradjawane. Bara mengaku senang dapat berbagi ilmu dan pengalaman dengan para istri mitra driver melalui kelas memasak Gojek Swadaya.

"Seru sekali melihat semangat ibu-ibu yang sangat passionate dalam dunia kuliner. Masakan bagi saya bukan sekadar rasa. Melainkan kualitas, penampilan, dan proses memasak yang efektif, efisien, dan higienis. Inilah yang ingin saya bagikan ke para istri mitra driver di sini, agar bisa dijadikan bekal mereka dalam memulai bisnis kuliner," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang istri mitra driver Lela Susana mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Gojek karena telah memberikan kesempatan kepada istri mitra driver untuk berlatih memasak dan menjadi merchant GoFood. Bahkan kini ia telah mampu membuka usaha dan punya penghasilan tambahan.

"Dari ilmu yang saya dapat, saya coba buka usaha Aci Cilokba dan berhasil memberikan keuntungan hingga Rp3 juta tiap bulannya. Bersyukur sekarang saya bisa bantu suami dan ekonomi keluarga jadi lebih baik. Semoga makin banyak istri driver Gojek lain yang terinspirasi dan bisa mulai usaha seperti saya," ujar Lela.

Diketahui, tak hanya pelatihan, program Gojek Swadaya ini juga menyalurkan modal awal membangun bisnis. Gojek pun terus memantau, melakukan pendampingan, dan memberikan dukungan yang diperlukan agar peserta lancar dalam berwirausaha. (fef)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK