Mantan Menteri Ignasius Jonan Pamer Esemka di Samping Mercy

CNN Indonesia | Kamis, 13/02/2020 18:41 WIB
Mantan Menteri Ignasius Jonan Pamer Esemka di Samping Mercy Mantan menteri ESDM Ignasius Jonan membeli Esemka. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan diketahui telah membeli pikap Esemka. Hal itu diketahui dari unggahannya di Instagram yang memamerkan pikap buatan pabrik di Boyolali itu sedang di samping Mercedes-Benz GLE.

Jonan menulis keterangan ia membeli pikap Esemka sebagai dukungannya terhadap produk buatan Indonesia.


[Gambas:Instagram]


"Saya juga punya mobil nasional mobil Esemka lho. Mendukung peningkatan nilai tambah di dalam negeri dan penciptaan lapangan kerja," kata Jonan dalam unggahannya yang dikutip Kamis (13/2).

Pikap yang dibeli Jonan ini merupakan produk perdana Esemka yaitu Bima. Peluncurannya dilakukan saat Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik Esemka di Boyolali pada September 2019.

Pada unggahannya, terlihat Bima yang dibeli Jonan berkelir perak namun bumpernya berwanra warna hitam. Pada belakang bak tertera emblem Esemka Bima 1.2, namun pelat nomornya sengaja diburamkan.

[Gambas:Video CNN]


Sebagai informasi saat diluncurkan di Indonesia, pikap yang diklaim murni hasil pemikiran anak bangsa ini dicap sebagai kendaraan yang punya asal-usul China. Bima disangka mirip truk asal China bernama Changan Star Truck

Kecurigaan muncul lantaran ada kemiripan antara pikap Changan dengan Esemka, mulai dari eksterior, dimensi, spesifikasi, hingga mesin.

Selain Jonan diketahui sejumlah instansi negara sudah membeli mobil Esemka untuk keperluan kendaraan dinas. Instansi yang membeli Bima yaitu Pemerintah Kota Semarang, TNI Angkatan Udara, dan Kementerian Pertahanan. (ryh/fea)