Honda Jazz Baru Mulai Dijual di Jepang, Indonesia Pikir-pikir

fea, CNN Indonesia | Selasa, 18/02/2020 10:00 WIB
Honda Jazz Baru Mulai Dijual di Jepang, Indonesia Pikir-pikir Generasi keempat Honda Jazz varian tertinggi Crosstar. (honda.co.jp)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jepang telah memulai penjualan generasi baru Honda Fit atau yang dikenal dengan nama Jazz di Indonesia pada 14 Februari alias bertepatan dengan hari Valentine. Catatan ini bisa jadi tolak ukur Jazz yang diproduksi di dalam negeri bakal mengalami perubahan serupa.

Dibanding Jazz yang sekarang beredar, versi generasi baru yang pertama kali diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019 punya desain lebih membulat. Wajahnya sekarang futuristis namun terkesan simpel.

Honda menyediakan generasi keempat Jazz dengan dua pilihan mesin bensin, 1.317 cc dan hybrid e:HEV 1.496 cc. Sistem gerak hybrid dibekali dua motor hybrid yang menggerakkan roda dengan tujuan menekan konsumsi bahan bakar.


Pada versi hybrid ada tiga mode gerak, yakni murni listrik, hybrid, dan murni mesin. Klaim Honda versi ini bisa irit sampai 38,6 km per liter, sedangkan versi standar 24,2 km per liter.

Jazz terbaru sudah dilengkapi teknologi Sensing. Selain itu mobil ini merupakan yang pertama dari Honda dengan modul komunikasi on-board Connect.

[Gambas:Video CNN]

Pemegang merek Honda di Indonesia, Honda Prospect Motor (HPM) menjelaskan sedang berunding di internal untuk mengambil keputusan menjual generasi baru Jazz di Indonesia. Hal ini bisa jadi juga mempertimbangkan penambahan investasi termasuk perubahan jalur produksi sebab Jazz sudah diproduksi di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat.

Kendati begitu, Bussines Innovation & Sales Marketing Director HPM Yusak Billy, menjelaskan, generasi baru Jazz di Jepang terlihat imut. Desain seperti itu dikatakan cuma cocok di Jepang, tidak di Indonesia.

"Jazz itu cenderungnya sporty image. Kalau yang baru kan cute, imut. Model seperti itu cocoknya buat di Jepang," ucap Yusak di Jakarta, Kamis (22/1). (fea)