Mengenal Nenek Moyang Bajaj Qute

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 19/02/2020 10:37 WIB
Mengenal Nenek Moyang Bajaj Qute Bajaj Qute armada transportasi berukuran compact atau ringkas. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bajaj Qute merupakan quadricycle pertama di India. Konsep pembuatannya yaitu merancang kendaraan dengan bodi kecil dan ringan untuk mengejar efisien bahan bakar, serta mudah dikendarai di perkotaan yang padat kendaraan.

Di Indonesia, Qute pertama mengaspal di Jakarta untuk digunakan sebagai transportasi umum pengganti bemo. Qute beroperasi di dua kawasan Jakarta, yaitu Selatan dan Pusat.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta Shafruhan Sinungan mengaku tidak tahu harga pasaran Qute saat ini. Namun pada 2017, mobil ini dibeli sekitar Rp70 jutaan per unitnya.



Ford QuadricycleFord Quadricycle. (Foto: Dok. Henry Ford)
Tapi jauh sebelum Qute hadir, kendaraan seperti ini diciptakan pertama kali oleh tangan dingin Henry Ford yang merupakan pendiri Ford Motor Company. Ia menciptakan mobil pertama 'mungil' berbahan bakar bensin, yakni quadricycle.

Saat itu Ford berupaya membangun mobil dengan bahan baku sesederhana mungkin. Misalnya jok kereta kuda, penggerak menggunakan rantai, hingga rangka dari besi. Mesin yang digendong 59 cubic atau setara 966 cc dengan transmisi dua percepatan manual.

Henry, saat uji coba pertama mesin hanya memanfaatkan udara sebagai pendingin. Namun mesin terlampau panas sehingga ada modifikasi yaitu penambahan sistem pendingin menggunakan cairan.

[Gambas:Video CNN]

Ford mulai menjual quadricycle pada akhir 1896 seharga US$200. Kemudian uang tersebut dihabiskan Ford membangun mobil keduanya.

Sementara di Eropa, quadricycle adalah kategori kendaraan roda empat berukuran compact (ringkas/kecil), yang memungkinkan kendaraan ini lincah untuk digunakan. Konsumen Eropa mendefinisikan quadricycles yaitu mobil ringkas, tenaga mesin yang tidak terlalu besar dan kecepatannya dibatasi. (ryh/mik)