Sejarah Logo RS Mobil Honda di Indonesia

M. Ikhsan & fea, CNN Indonesia | Kamis, 20/02/2020 07:11 WIB
Sejarah Logo RS Mobil Honda di Indonesia Empat model Honda dengan emblem RS di Indonesia, Brio, Civic, Jazz, dan Mobilio. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Logo RS pada Honda bukan sekadar emblem, namun juga menunjukkan varian berkarakter sport yang setingkat lebih tinggi dibanding varian standar. Di Indonesia, nama ikonik kependekan 'Road Sailing' ini telah dilekatkan pada empat model dimulai sejak 2006.

RS merupakan salah satu nama varian sport global Honda. Secara garis besar Honda punya dua arah sport, yakni luxury sport dan pure sport.


Pada kelompok luxury sport didefinisikan pada Acura, merek mewah Honda yang dijual di Amerika Serikat, Kanada, dan Hong Kong. Acura memiliki emblem khusus mobil performa yaitu Type-S, contoh model ini yakni CL Type-S, RSX Type-S, dan TL Type-S.


Pada kelompok pure sport terdapat pada merek Honda. Ada tiga nama varian sport pada Honda, yaitu RS, Si (Sport Injected), dan Type R.

Mobil yang mengenakan emblem RS berarti punya karakter mobil sport untuk harian. Modifikasi pada level ini pada umumnya cuma meliputi penampilan, misalnya dari desain kit bodi dan pelek yang lebih sporty dari varian standarnya.

Di Indonesia, RS pertama kali digunakan generasi kedua Jazz pada 2008. Model kedua yang menggunakan emblem RS adalah Mobilio pada 2014, lalu diikuti Brio pada 2016, dan terkini Civic Hatchback pada 2020.

[Gambas:Video CNN]


Di pasar global mobil pertama Honda yang menggunakan emblem RS adalah generasi pertama Civic pada 1975. Mobil Honda dengan emblem RS yang dijual di luar Indonesia yaitu Jade (2015), HR-V RS (2019), Civic Sedan RS (2019), dan City RS (2020).

Si merupakan mobil Honda berkarakter sport lebih tinggi dari RS. Komponen sport pada Si bukan cuma meliputi penampilan, perubahan lebih teknis pada mesin dan suspensi. Contoh mobil kategori ini yakni Prelude Si (1985) dan Civic Si (1984).

Sedangkan Type R adalah mobil Honda yang orientasinya balapan. Modifikasi pada mobil ini tidak hanya meliputi penampilan dan teknis, namun juga ditujukan buat dipacu kencang di sirkuit seperti Civic Type R yang pernah memecahkan rekor catatan waktu mobil berpenggerak depan di Nurburgring pada 2017. (fea)