Penyebab Sinyal HP Jelek Saat Hujan

CNN Indonesia | Jumat, 21/02/2020 07:22 WIB
Penyebab Sinyal HP Jelek Saat Hujan Ilustrasi. Berikut alasan sinyal hp mendadak jelek saat turun hujan. (Istockphoto/FeelPic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keluhan koneksi sinyal ponsel yang tiba-tiba menjadi jelek saat hujan kerap diutarakan pengguna. Keluhan seperti ini banyak terlihat di linimasa media sosial.

Keluhan buruknya sinyal ini hampir dikeluhkan pada semua operator seluler, mulai dari Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, hingga Smartfren.

Hal ini seperti diungkap akun @muslih132 mengeluhkan lambatnya sinyal XL ketika turun hujan.




Pengguna Indosat pun mengeluhkan hal serupa.



Pelanggan Telkomsel juga menyebut kalau mereka kerap kesulitan mendapat koneksi bagus saat hujan.





Akun @NfNunung juga mengeluhkan jaringan 3 yang lemot saat hujan.



Pun pengguna Smartfren mengeluhkan sinyal terganggu ketika hujan.



Hujan memang bisa memengaruhi kualitas jaringan selular. Sehingga kualitas jaringan di suatu wilayah akan terganggu sementara ketika hujan, seperti ditulis situs Institut Insinyur Elektrik dan Elektronik (IEEE). 

Secara umum, gelombang radio pada layanan seluler memang bakal terpengaruh ketika terjadi perubahan cuaca. Petir, hujan lebat, awan yang tebal, semua bisa mengganggu kelancaran jaringan telepon. Jangkauan seluler biasanya menjadi tidak merata, kejernihan suara saat bertelepon terganggu, dan kecepatan data melambat.

Sinyal ponsel dari BTS dihantarkan oleh ion-ion positif yang bertebaran di udara. Saat terjadi hujan lebat dan angin kencang, susunan ion di udara menjadi tidak beraturan. Tetesan air yang jatuh menghambat hantaran listrik. Sehingga, kelancaran pancaran sinyal selular terganggu.

[Gambas:Video CNN]

Selain itu, sinyal telekomunikasi biasanya menggunakan frekuensi tinggi. Jenis sinyal seperti ini tidak bisa menjelajah dengan baik melalui air. Besar tetesan air juga memengaruhi sinyal di frekuensi tertentu. Sehingga, sinyal tak bisa ditransmisikan dengan lancar dari BTS ke ponsel pengguna saat hujan, seperti ditulis Nature

Namun, belakangan masalah ini bisa dikurangi. Sebab, para insinyur berusaha membangun teknologi yang lebih baik, seperti dilansir Roaming Buzz

Dilansir Outsideonline, hujan petir dianggap bukan hanya memengaruhi kualitas sinyal, tetapi lebih berbahaya karena membuat gangguan aliran listrik dan transmisi lainnya. 

Ketika ditanya terkait gangguan saat hujan ini, XL dan Telkomsel tidak memberikan penjelasan secara rinci. Sementara, Smartfren dan Tri tidak memberi tanggapan.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih tidak memberikan keterangan perihal gangguan sinyal di saat hujan. Alih-alih malah menjawab kalau tidak terpantau adanya gangguan layanan.

"Sejauh ini tidak ada informasi mengenai terjadinya gangguan jaringan yang berdampak luas. Meski demikian, kami juga terus memantau serta menindaklanjuti setiap keluhan pelanggan melalui beragam saluran, termasuk media sosial," kata Ayu saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (20/2).

Telkomsel memberikan tanggapan serupa dengan XL.

"Kejadiannya lokal, hanya gangguan sementara," ucap juru bicara Telkomsel. (din/eks)