Konsultasi Otomotif

Mencari BBM yang Sesuai untuk 'Motor Bebek'

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Minggu, 23/02/2020 12:45 WIB
Mencari BBM yang Sesuai untuk 'Motor Bebek' Ilustrasi 'motor bebek'. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertanyaan: Motor bebek lebih baik pakai Pertamax atau Pertalite, dan bagaimana cara menghemat penggunaan bahan bakar motor?

@korneliusalf

Tabel perbandingan kompresi dan oktan bahan bakar.Tabel perbandingan kompresi dan oktan bahan bakar. (Foto: Dok. Provis Autolab)

Terlampir adalah tabel perbandingan kompresi dan oktan bahan bakar yang dibutuhkan, dan ini adalah tabel lama yang kerap masih dijadikan patokan yang kenyataannya tidak lagi berlaku sepenuhnya.


Dengan lebih majunya teknologi otomotif, sudah semakin banyak penemuan-penemuan baru yang membuat tabel acuan ini menjadi tidak valid lagi, yaitu dengan keberadaan teknologi multi-valve dan lain-lain.

Cara yang bisa menjadi acuan penggunaan BBM oktan yang akan digunakan adalah dengan mencoba mencari tahu berapa perbandingan kompresi mesin kendaraan.

Awalnya bisa dicoba menggunakan oktan BBM sesuai dengan yang ada pada tabel. Setelah itu bisa dicoba menggunakan oktan yang sedikit lebih rendah secara bertahap dengan berpatokan bahwa saat mesin sudah panas tidak ada suara 'ngelitik' atau knocking dan tidak terdengar suara yang aneh-aneh dari mesin, artinya suara mesin tetap halus.

Untuk diingat bila campuran bensin dan udara terbakar sempurna dalam ruang mesin praktis menghasilkan tenaga yang maksimal.

Lantas bagaimana cara menghemat pemakaian BBM?

Sebenarnya yang lebih tepat adalah, bagaimana cara meningkatkan efisiensi pembakaran yang mana salah satu efek yang akan ditimbulkan adalah penghematan BBM.

Banyak cara untuk meningkatkan efisiensi pembakaran yaitu antara lain dengan mempergunakan alat-alat tambahan atau bisa juga ditingkatkan efisiensi pembakaran di mesinnya langsung, yaitu ditingkatkan efisiensi pembakaran secara mekanikal.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.

(mik)


BACA JUGA