Twitter: Topik Gaming Naik Dua Kali Lipat Saat Puasa Ramadan

CNN Indonesia | Senin, 24/02/2020 21:01 WIB
Twitter: Topik Gaming Naik Dua Kali Lipat Saat Puasa Ramadan Ilustrasi gaming. (Frederic J. BROWN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Layanan media sosial, Twitter di Indonesia merilis data soal topik percakapan populer sepanjang bulan puasa Ramadan 2019. Hasilnya ada empat tren percakapan, salah satunya cuitan soal gaming meningkat dua kali lipat.

Country Industry Head Twitter Indonesia, Dwi Adriansah mengatakan Insight Ramadan 2019 ini pun berguna bagi pelaku bisnis untuk mengambil langkah strategis meraup audiens sebanyak-banyaknya saat Ramadan 2020.

"Dengan meningkatnya konsumsi dan kreasi di Twitter selama bulan Ramadan, penting bagi brand untuk melakukan sesuatu yang relevan. Tidak hanya dengan momen Ramadan itu sendiri, tetapi juga dengan audiens mereka," kata Dwi.


Berikut empat topik terpopuler saat Ramadan 2019 berdasarkan data tim Twitter Indonesia:


1. Cuitan Soal Gaming Meningkat Dua Kali Lipat

Menurut data Twitter Indonesia, setidaknya ada 240 ribu percakapan soal gaming saat hari pertama Ramadan 2019. Sebab, industri e-Sport di Indonesia saat ini tengah digandrungi para kaum millenial.

"Hal ini tidaklah mengherankan mengingat 73 persen pengguna Twitter di Indonesia bermain video games, baik itu melalui perangkat selular, desktop maupun konsol," tulis perwakilan Twitter di Indonesia melalui keterangan rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (21/2).

"Pada tahun 2019, jika dibandingkan dengan satu bulan sebelumnya, [Ramadan 2019 jatuh pada Mei dan Idul Fitri Juni. Artinya, satu bulan sebelumnya pada April 2019] percakapan tentang gaming meningkat dua kali lipat di hari pertama Ramadan," sambungnya.

2. Percakapan Soal Hiburan Meningkat 25 persen

Twitter mencatat jumlah volume cuitan terkait hiburan mengalami peningkatan sebanyak 25 persen dibandingkan dengan periode tiga bulan sebelum Ramadan.

Selain itu, Twitter mengklaim 46 persen pengguna di Indonesia melakukan aktivitas di Twitter saat mereka sedang menonton televisi dan puncaknya antara pukul 18.00 hingga tengah malam.


3. Topik Olahraga Naik Dua Kali Lipat

Percakapan yang terkait olahraga pun banyak dicuitkan netizen Indonesia, mulai dari pembahasan Liga Inggris, bulu tangkis sampai MotoGP.

"Sepak bola, bulu tangkis, dan basket merupakan tiga jenis olahraga teratas yang banyak dibicarakan. Percakapan tentang Liga Inggris bahkan meningkat dua kali lipat pada bulan Ramadan 2019," tulis tim Twitter Indonesia.

Berikut persentase cuitan jenis olahraga yang banyak dibicarakan netizen:

1. Sepak bola: 57 persen
2. Bulu tangkis: 13 persen
3. Basket: 10 persen
4. Otomotif (F1, MotoGP): 9 persen
5. Bela diri: 3 persen
6. Lain-lain: 8 persen

[Gambas:Video CNN]

4. Percakapan Soal Lingkungan Naik Dalam Lima Tahun Terakhir

Topik soal lingkungan tidak ketinggalan meramaikan jagat maya Twitter. Sebab, mereka mengklaim bahwa masyarakat Indonesia sudah sadar untuk menjaga Bumi.

Berdasarkan data Twitter, sebanyak 49 persen pengguna di Indonesia setuju bahwa sangat penting bagi mereka untuk berpartisipasi demi menjaga lingkungan.

(din/DAL)