Mengintip Fitur Android 11 Beta yang Baru Dirilis Google

CNN Indonesia | Sabtu, 22/02/2020 03:12 WIB
Mengintip Fitur Android 11 Beta yang Baru Dirilis Google Ilustrasi Android 11. (Screenshot via YouTube/Android)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google telah merilis pratinjau Android 11 untuk diujicoba oleh pengembang. Namun, pengujian sistem operasi itu hanya bisa dilakukan lewat perangkat Pixel 2, 3, 3a, atau 4 dengan unduhan manual atau flash.

Melansir Techradar, Android 11 diklaim memiliki fitur yang mampu mengetahui sebuah ponsel menggunakan jaringan 5G, serta membedakan penggunaan jaringan 4G atau WIFI. Fitur itu diklaim akan mengoptimalkan konten dan kinerja ponsel hingga menghentikan penggunaan data yang tidak penting.

Selain itu, Android 11 memiliki fitur tab pesan dari masing-masing aplikasi. Fitur itu diklaim membuat pemberitahuan dari percakapan yang sedang berlangsung atau dari aplikasi lain akan dibagi agar pengguna bisa  mengabaikan beberapa jika tidak mau melihatnya.


Selanjutnya, pratinjau Android 11 menghadirkan mode gelap seperti kemampuan ponsel cerdas saat ini yang memungkinkan penggunanya mengatur kapan waktu yang tepat untuk mengurangi kecerahan layar. Ada kemungkinan Android 11 juga akan meluncurkan banyak mode gelap jika resmi dirilis bagi konsumen.


Fitur lain yang terdapat dalam Android 11 adalah dapat memilih untuk memberikan izin 'sekali ini saja' saat aplikasi meminta izin untuk mengakses kontak, kamera, dan sebagainya. Fitur itu diklaim akan membuat pengguna tahu persis kapan aplikasi mengakses bagian lain dari ponselnya.

Lebih jauh dari fitur itu, Android 11 akan menghentikan aplikasi seperti Facebook memeriksa keberadaan penggunanya sepanjang waktu karena harus meminta izin.

Android 11 juga memiliki fitur yang akan membuat ponsel tetap terhubung dengan Bluetooth ketika mode pesawat diaktifkan. Fitur itu kemungkinan akan disukai banyak orang yang kerap terganggu karena berhenti terkoneksi, misalnya dengan speaker wireless saat tiba-tiba menghidupkan mode pesawat.

[Gambas:Video CNN]

Selanjutnya, Android 11 memiliki fitur Scoped Storage yang semula hendak dihadirkan pada Android 10. Scoped Storage adalah cara baru untuk mengatur informasi dan file apa yang dapat dibaca aplikasi.

Singkatnya, fitur itu membuat kecepatan membaca memori lebih cepat, meningkatkan keamanan, dan menghentikan pemberian izin aplikasi baru.

Melansir The Verge, Android 11 juga menghadirkan kembali perekam layar yang pada beta Android 10 tidak mencapai versi final. Selain itu, Android 11 menghadirkan fitur Motion Sense baru bagi Pixel 4 untuk memutar atau menjeda musik.

Beta Android 11 bagi pengembang saat ini adalah versi yang sangat awal dari apa yang akan didapatkan pada akhir tahun ini. Sehingga pengguna tidak bisa berharap banyak tentang adanya banyak fitur baru dan perubahan desain ketika resmi bergulir.

(jps/DAL)