Rekam Suara di Facebook Bakal Dapat Bayaran

CNN Indonesia | Senin, 24/02/2020 08:13 WIB
Rekam Suara di Facebook Bakal Dapat Bayaran Ilustrasi. Facebook bakal membayar pengguna yang bersedia merekam suara di media sosial itu. (Pixabay/LoboStudioHamburg)
Jakarta, CNN Indonesia -- Facebook menyatakan akan membayar sejumlah penggunanya untuk melakukan perekaman suara. Hal itu dilakukan oleh layanan media sosial itu guna meningkatkan algoritma pengenalan suara pada perangkat pengeras suara dan kamera Facebook Portal.

Program yang dinamai 'Pronunciations' (pelafalan) merupakan bagian dari aplikasi risept pasar Facebook Viewpoints, yang memberikan penghargaan kepada pengguna karena membantu perusahaan dalam pengujian dan survei.

Facebook tidak melibatkan pengguna dari berbagai negara dalam program itu. Perusahaan milik Mark Zuckerberg itu hanya memberi peluang bagi orang Amerika Serikat di atas 18 tahun dan setidaknya memiliki 75 teman Facebook, seperti dilansir Techradar

Tidak banyak syarat untuk terlibat dalam program itu. Pengguna Facebook AS di atas 18 tahun akan diundang untuk diminta mengucapkan kata 'Hai Portal'. Lalu diikuti dengan menyebut nama salah satu teman Facebooknya.


Facebook tak memberi banyak uang kepada penggunanya yang terlibat dalam program itu. Pengguna akan menerima US$5 atau sekitar Rp70 ribu (Rp69.097,5; US$1=Rp 13.819,50) yang ditransfer ke PayPal setelah lima kali perekaman suara di mana satu rekaman dinilai 200 poin.

Melansir Pocket-lint, Facebook telah menghentikan praktiknya dalam menggunakan data suara secara otomatis,. Mereka sekarang memulai pendekatan baru dengan membayar orang untuk rekaman suara mereka. 

Facebook juga menegaskan bahwa klip yang direkam untuk pengucapan tidak akan terhubung ke profil penggunanya dan tidak akan dibagikan tanpa izin.

[Gambas:Video CNN]


(jps/eks)