Hujan dan Banjir, Warganet Keluhkan Sinyal Ponsel Buruk

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 11:06 WIB
Hujan yang mengakibatkan banjir di sejumlah lokasi di Jadetabek pada Selasa (25/2) pagi menurunkan kualitas sinyal ponsel. Ilustrasi sinyal ponsel buruk di saat banjir Jakarta, Selasa (25/2). (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah warganet di media sosial mengeluhkan kondisi jaringan komunikasi dan internet dari Telkomsel dan XL Axiata yang terganggu usai hujan deras sejak Senin (24/2) malam yang mengakibatkan banjir di sejumlah lokasi di Jabotabek pada Selasa (25/2) pagi.

Salah satu akun bernama @TeoPoliticall mengaku jaringan Telkomsel di ponselnya hilang saat hujan dan banjir. "Ancooorr...telkomsel tiap ujan or banjeer sinyal pun lenyapp...," kicau @TeoPoliticall.




Hal senada juga disampaikan oleh akun @nay_hanaa yang tinggal di kawasan Duren Jaya, Bekasi Timur. Dia meminta Telkomsel memulihkan jaringan internet karena sudah beberapa jam tidak bisa digunakan.

@nay_hanaa juga menyebut bahwa jaringan Telkomsel kerap tidak bisa digunakan ketika mati lampu.

"@Telkomsel dan @byu_id daerah duren jaya bekasi timur ga ada sinyal sama sekali sejak mati lampu, mau internet jd ga bs. tolong sinyalnya dipulihkan. masa tiap listrik mati sinyal ga ada udah 2020 nih," kicau @nay_hanaa.



Dalam tanggapannya, akun resmi Twitter Telkomsel menyatakan bahwa masalah yang dialami oleh @nay_hanaa karena pihaknya tengah melakukan peningkatan sistem layanan.

"Pagi, Kak Nay. Maaf banget ya mengenai keluhan tidak ada sinyal, saat ini sedang ada peningkatan sistem layanan kami Kak. Diharapkan dapat selesai secepatnya. Terima kasih untuk tetap menggunakan produk Telkomsel :) -Vio," kicau @Telkomsel.

Nasib serupa juga dialami oleh akun @madtyarizki. Dia menyebut jaringan internya tidak bisa digunakan saat mati lampu. "Wahai @Telkomsel kenapa pada saat mati listrik kaya begini. Dan hanya mengandalkan provider dari @Telkomsel malah signalnya jelek. Padahal udah di restart berkalikali," kicau @madtyarizki.

Dalam tanggapannya, @Telkomsel menyampaikan pemadaman listrik membuat BTS tidak bisa beroperasi.

"Hai, Kak Aditya. Maaf ya jadi ga nyaman. Sebagai informasi pemadaman listrik bisa mengakibatkan tidak aktifnya BTS terdekat sehingga smartphone kita harus mencari sinyal dari BTS yang lebih jauh dan tentunya kondisi sinyal akan lebih lemah dibanding (1/2)," kicau @Telkomsel.



@Telkomsel juga meminta pemilik akun @madtyarizki untuk keluar ruangan guna memperoleh sinyal dari BTS yang beroperasi.



Tak hanya Telkomsel, jaringan XL Axiata juga terganggu karena banjir dan mati lampu. Akun @noopaaay menyampaikan hilangnya jaringan XL Axiata membuat proses komunikasi menjadi sulit.



Terkait hal itu, akun resmi XL meminta maaf atas masalah yang dialami oleh @noopaaay. Namun, XL tak menjelaskan penyebab gangguan jaringannya.
"Hi Novianti, mohon maaf atas hal ini, silahkan infokan nomor dan detailnya via DM ya :) Thanks #M130," kicau @myXLCare.

Senada, akun @angeliagst juga mengaku jaringan XL pada ponselnya tidak bisa digunakan. Bahkan, dia mengaku sinyal tetap hilang udai mematikan dan menghidupkan kembali ponselnya.

"@myXLCare hi min Ini kenapa sinyal XL prioritas saya di daerah pulogebang cakung, jakarta timur jelek banget ya. Sinyal ilang-ilangan terus. Udah sering reboot sinyal / handphone masih begitu aja. Gimana ya?," kicau @angeliagst.

Terkait dengan hal itu, XL kembali meminta maaf dan meminta @angeliagst untuk mengirim nomor ponselnya dan detil masalah via DM.
"Hi Angeliagst, mohon maaf atas hal ini, silahkan infokan nomor dan detailnya via DM ya :) Thanks #M130," kicau @myXLCare.

Tak hanya Telkomsel dan XL, konsumen Indosat Ooredoo dengan akun @ariyoryo mengaku jaringan di ponselnya terganggu saat banjir.
"@IndosatCare min, kok sinyal indosat didaerah kebon jeruk menghilang apa karena banjir ?," kicau @ariyoryo.

Menanggapi hal itu, akun resmi @IndosatCare menyarankan @ariyoryo untuk me-restart ponselnya.

"Hai Kak Ariyo, maaf atas kendalanya. Silakan bisa coba restart HP lalu coba akses lagi ya Kak. Jika masih sama, yuk infoin nomor, nama pemilik nomor, dan detail lokasi (jln,rt/rw,kel,kec,kota) via DM agar bisa kami tindaklanjuti. Salam ^Bora bit.ly/yukdm," kicau @IndosatCare. (jps/mik)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK