Daur Ulang Sampah Plastik, Bisa Liburan ke Bali dari Grab

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 27/02/2020 11:13 WIB
Jika tertarik berkontribusi, Anda tak perlu repot membawa sampah ke unit daur ulang. Cukup pesan GrabExpress, sampahmu akan dijemput dan diangkut sampai RBU. Ilustrasi sampah botol plastik (Foto: Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hadirnya layanan terbaru dari Grab, GrabExpress Recycle, mengajak masyarakat untuk turut andil dalam pengelolaan sampah. Salah satu aksi konkretnya yakni mendaur ulang botol atau gelas plastik bekas.

Apabila tindakan tersebut dilakukan secara berkelanjutan, Grab optimistis mampu mengurangi sampah plastik di laut.


Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan dalam upaya pelestarian lingkungan ini, pihaknya memanfaatkan teknologi demi kebaikan bersama mulai dari karyawan, pengguna, komunitas, serta lingkungan.


"Melalui GrabExpress Recycle, pengguna dapat dengan mudah mengirimkan sampah bernilai ekonomis, terutama botol dan gelas plastik, ke bank sampah terdekat. Kemudian, sampah tersebut akan dibawa ke Recycling Business Unit (Unit Daur Ulang/RBU) milik Danone-AQUA untuk diproses menjadi bahan baku yang nantinya akan dibuat menjadi produk baru untuk digunakan dalam keperluan sehari-hari, misalnya botol plastik baru," ujar Neneng melalui keterangannya, Jakarta, Selasa (25/2).

Bagi pengguna maupun pengemudi Grab yang terlibat dalam inisiatif ini akan memperoleh berbagai bentuk reward, seperti promo pesan-antar, poin GrabRewards, hingga tur sirkular (circular tour) ke Bali bagi pengguna yang paling banyak menyumbang sampah plastik.

Jika tertarik berkontribusi, Anda tak perlu repot membawa sampah plastik sendiri ke bank sampah atau unit daur ulang. Cukup pesan GrabExpress, sampahmu akan dijemput dan diangkut sampai ke RBU milik AQUA. Adapun caranya, sebagai berikut.

1. Pilih layanan "Pengantaran" pada menu utama Aplikasi Grab
2. Cari "(Grab AQUA)" pada lokasi pengantaran dan pilih Bank Sampah terdekat
3. Masukkan nama dan nomor telepon Anda sebagai Penerima
4. Masukkan jenis barang yang akan dikirim dengan pilihan "Others"
5. Pilih GrabExpress Recycle sebagai layanan pengantaran
6. Konfirmasi pengiriman dan pesan GrabExpress

Mudah, bukan? Yuk, jadi Pahlawan Lingkungan dengan mulai pilah sampah plastik sejak di rumah untuk mengurangi dampak buruk lingkungan. Setelah itu, manfaatkan layanan GrabExpress Recycle di aplikasi Grab agar mitra pengemudi dapat menjemput sampahmu. (fri/fef)