Galaxy Note 10+ dan Mate 30 KW Tersebar di e-Commerce China

CNN Indonesia | Rabu, 26/02/2020 21:05 WIB
Galaxy Note 10+ dan Mate 30 KW Tersebar di e-Commerce China Ilustrasi e-commerce. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Laporan terbaru menemukan ponsel-ponsel KW (palsu) merek Samsung dan Huawei terjual bebas di e-commerce AliExpress. Ponsel-ponsel palsu ini dijual dengan merek Kimtien.

Dilansir dari TechRadar, salah satu ponsel yang dipalsukan adalah Samsung Galaxy Note 10+, Kimtien memalsukan produk tersebut dengan nama Kimtien Note 10+. Ponsel dibanderol dengan harga hanya Rp2,2 juta.

Sekilas, konstruksi dan desain ponsel palsu memang terlihat mirip dengan yang asli. Akan tetapi, Kimtien memberikan spesifikasi yang lebih rendah dibanding yang lebih asli. Oleh karena itu, harga Kimtien Note 10+ dibanderol seperlima atau 20 persen dari Galaxy Note 10+.


Dari spesifikasi, Kimtien Note 10+ menggunakan prosesor dari MediaTek bukan Qualcomm Snapdragon 855 atau Exynos 9825 yang disematkan dalam Galaxy Note 10+.


Kimtien Note 10+ juga memiliki RAM 8GB dan ROM 128GB, berbeda dengan Samsung Galaxy Note 10+ yang memiliki RAM 12 GB dan ROM mulai dari 256 GB. Kimtien Note 10+ bahkan memiliki pulpen digital yang mirip dengan stylus di fitur di Galaxy Note10+.

Dilansir dari GizmoChina, selain Samsung, ponsel milik Huawei juga turut dipalsukan. Hasil pencarian Huawei menunjukkan berbagai ponsel yang mirip dengan Huawei dengan nama yang berbeda. Menariknya, Huawei Mate 30 versi Kimtien juga dapat ditemukan di AliExpress.

[Gambas:Video CNN]

Kimtien saat ini memang belum diketahui banyak orang, tapi produk ini jelas bersumber dari China dan kemungkinan juga berasal dari salah satu negara di Asia Tenggara.

Saat ini, belum diketahui apakah AliExpress akan menindak aksi plagiarisme yang dilakukan oleh Kimtien ini.

(jnp/DAL)