Grab Latih Ratusan Mitra Jadi Duta Wisata GrabBike Yogyakarta

Grab, CNN Indonesia | Jumat, 28/02/2020 18:23 WIB
Duta wisata Grab akan memudahkan mobilisasi solo traveler di Yogyakarta. Hanya dalam satu layanan, pelancong mendapat transportasi praktis, aman, dan murah. Ilustrasi. (Foto: Dok. Grab)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab mengadakan pelatihan GrabBike Guide Yogyakarta bagi 100 mitra pengemudi terbaik di Yogyakarta. Pelatihan tersebut bertujuan untuk memajukan industri pariwisata di Kota Yogyakarta.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata setempat, Yogyakarta didatangi sekitar 5 juta turis setiap tahunnya, dan sekitar 40 persen di antaranya merupakan solo traveler atau turis yang bepergian sendirian. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, GrabBike berupaya memberdayakan mitra pengemudi sebagai Duta Wisata Grab di Yogyakarta.


City Manager 2-Wheels Yogyakarta Grab Indonesia Habdillah Anuraga mengatakan dengan layanan GrabBike Tour oleh duta wisata Grab membuat solo traveler di Yogyakarta dimudahkan dalam mobilisasi. Hanya dalam satu layanan, pelancong mendapatkan moda transportasi yang praktis, aman, serta murah.


"Tentunya mereka juga mendapatkan nilai tambah yang penting dalam wisata mereka yaitu wawasan dan pengalaman yang kaya akan pariwisata Yogya. Mitra pengemudi kami sudah pasti memiliki kearifan lokal yang kental," ujarnya di Yogyakarta, Jumat (21/2).

Sementara itu, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Rose Sutikno menyambut baik inisiatif GrabBike Tour di kotanya, mengingat Borobudur adalah 5 Destinasi Superior di tahun 2020.

"Kami yakin pertumbuhan kaum milenial yang semakin berani solo traveling dapat menambah dinamisme pariwisata kota kami. Dengan layanan Grab yang dapat memenuhi segala kebutuhan mereka, faktor kemudahan yang akan mereka dapatkan dari segi wisata akan semakin bermanfaat dan memperkaya pengalaman liburan mereka di Yogyakarta," ujar Sutikno.


Sebagai informasi, mitra pengemudi dilatih dari segi standar pelayanan untuk menjadi pemandu pariwisata (tour guide), baik dari segi berkomunikasi maupun pengetahuan mengenai lokasi pariwisata di Yogyakarta. Adapun pembekalan mencakup tiga materi, pertama, layanan keramahtamahan dasar dengan prinsip 3S (Salam, Senyum, Sapa).

Kedua, pengetahuan pariwisata dasar di kota Yogyakarta serta pemberian Hanging Booklet kepada mitra yang berisikan referensi tujuan wisata untuk penumpang dari luar kota maupun wisatawan asing yang sedang berwisata ke Yogyakarta.

Ketiga, Mitra Pengemudi juga terus mendapatkan peningkatan aspek-aspek layanan Grab bagi Mitra Pengemudi setia Grab, seperti pengembangan inovasi keselamatan dan pengantaran, pelatihan Mitra Pengemudi, dan cakupan asuransi kecelakaan. (fef)