Mengulik Situs Informasi Corona ala Pemprov Bali dan Sulsel

CNN Indonesia | Selasa, 24/03/2020 19:43 WIB
Menyusul DKI dan Jawa Barat, Pemprov Bali dan Sulawesi Selatan akhirnya membuat situs soal penyebaran kasus virus corona di wilayahnya. Situs informasi Covid-19 milik Pemprov Bali. (Foto: Screenshot via Situs Covid-19 Pemprov Bali)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah provinsi (Pemprov) Bali dan Sulawesi Selatan akhirnya mengikuti jejak Pemprov DKI Jakarta, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Tengah untuk membuat situs untuk menyebarkan informasi Covid-19.

Untuk masyarakat yang tinggal di Bali, situs bisa diakses di alamat infocorona.baliprov.go.id. Sementara untuk masyarakat yang tinggal di Sulawesi Selatan, alamat situs dapat diakses di covid19.sulselprov.go.id.

1. Provinsi Bali Tanggap Covid-19


Pada bagian depan halaman situs Pemprov Bali, pengelola mencantumkan nomor telepon untuk penanganan Covid-19.

Di bagian bawah nomor telepon, masyarakat juga bisa mengunduh aplikasi Hospitality Media Center (HMC) Provinsi Bali. CNNIndonesia.com mencoba untuk mencari aplikasi tersebut lewat Google Play Store, tetapi belum tersedia.

Masih di bagian beranda situs, situs Covid-19 pemprov Bali tidak hanya berbahasa Indonesia, pada bagian pojok kanan atas, ada pilihan berbagai bahasa seperti bahasa Arab, Mandarin, sampai Jerman.

Selain itu, masyarakat diberikan informasi terkait rumah sakit rujukan Covid-19, di antaranya:

- RSUP Sanglah
- RSUD Sanjiwani Gianyar
- RSUD Kabupaten Buleleng
- RUSD Tabanan
- RSUD Wangaya
- RSUD Bali Mandara
- RSD Mangusada
- RSU Universitas Udayana
- RSU Negara
- RSUD Klungkung
- RS Pratama Giri Emas

Pengelola menyuguhkan lima opsi yaitu Berita, Informasi Penting, Edukasi, dan Kontak.

[Gambas:Video CNN]

Berita

Pada bagian ini, masyarakat ditampilkan berita terkini terkait penanganan Covid-19 di Bali sesuai dengan tanggal. Berita tersebut disertai dengan video yang menampilkan Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra.

Misalnya, perkembangan terbaru Covid-19 Bali tanggal 23 Maret 2020. Menurut keterangan rilis, Pasien Dalam Perawatan (PDP) berjumlah 102 orang. Dari 102 sampel yang telah diuji, hasil sampel menunjukkan 73 orang negatif dan 6 orang positif Covid-19.

Informasi Penting

Pada bagian ini ditampilkan peta persebaran Covid-19 secara nasional yang dihimpun oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona, yang digawangi oleh Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.

Peta juga menampilkan jumlah persebaran Covid-19 per daerah. Data sementara menunjukkan 579 positiv Covid-19, 49 meninggal dunia, dan 30 sembuh.

Langkah Penting

Opsi ini berisi himbauan dan cara melindungi diri agar tidak terpapar virus corona SARS-Cov-2 yang dapat diunduh masyarakat secara gratis.

Salah satu himbauan yang disematkan pemprov Bali misalnya cara penggunaan masker yang benar, yaitu:

- Pastikan masker menutup mulut, hidung, dan dagu serta bagian yang berwarna berada di depan.
- Tekan bagian atas masker agar mengikuti bentuk hidung dan tarik ke belakang di bagian bawah dagu.
- Lepaskan masker yang telah digunakan dengan hanya memegang tali dan langsung dibuang ke tempat sampah tertutup.
- Cuci tangan pakai sabun dan air atau hand sanitizer setelah membuang masker.
- Hindari menyentuh masker saat menggunakannya.
- Jangan gunakan kembali masker sekali pakai. Ganti secara rutin apabila kotor dan basah.

Edukasi

Pada bagian ini, pengelola mengikuti penjelasan soal Covid-19 dari situs corona.jakarta.go.id.

Dijelaskan bahwa Covid-19 adalah penyakit peradangan baru yang disebabkan oleh Severe Acute Respirotary Syndrome Coronavirus 2 (SARS-Cov-2).

Cara penularan virus melalui kontak dengan droplet saluran napas penderita. Droplet merupakan partikel kecil dari mulut penderita yang mengandung kuman penyakit, yang dihasilkan pada saat batuk, bersin, atau berbicara.

Kontak

Pada bagian kontak, dicantumkan nomor call center, WhatsApp, dan alamat kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali serta alamat surel dan website resmi mereka.

2. Sulsel Tanggap Covid-19

Pada bagian depan halaman situs, masyarakat disuguhkan dengan nomor hotline center Covid-19 pemprov Sulsel.

Uniknya, pemprov menyediakan opsi 'Identifikasi Diri Terkait Covid19'. Sayangnya hanya masyarakat yang tinggal di provinsi Sulses yang bisa melakukan pemeriksaan dini.

Opsi itu hasil kerjasama antara pemprov Sulsel dan Satuan Tugas Covid 19 Universitas Hasanudinn Makassar.

Saat Anda mengklik opsi 'Identifikasi Diri Terkait Covid19', Anda bakal dialihkan ke halaman tab yang berbeda.

Pada halaman tab yang baru tertulis, "Self Check Up* Penularan Covid-19 begitu masif di Indonesia. Apakah anda khawatir? Sebelum bertindak lebih jauh, Yuk cek resiko anda di sini: Identifikasi Diri Covid19 Sulsel Tahap II (alamat link)".

Saat Anda mengklik alamat link tersebut, Anda mesti memasukkan data umum seperti nama lengkap, jenis kelamin, umur, nomor telepon, pekerjaan sampai domisili tempat tinggal Anda.

Selain itu, pengelola juga memberikan 8 opsi yaitu data, peta, gejala, daftar rumah sakit, info, berita FAQ, dan pendaftaran.

Website resmi informasi Covid-19 milik Pemprov Sulawesi Selatan.Bagian dari website informasi Covid-19 milik Pemprov Sulawesi Selatan. (Foto: Screenshot via Situs Covid-19 Pemprov Sulawesi Selatan)


Berikut detail 8 opsi situs pemprov Sulsel:

Data

Opsi ini menampilkan data pantauan Covid-19 di Sulawesi Selatan. Berdasarkan data per hari ini (24/3), ada 149 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 54 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 2 positif Covid-19.

Peta

Pemprov Sulsel juga menampilkan peta sebaran Covid-19 secara real-time.

Gejala

Adapun gejala yang ditimbulkan Covid-19 seperti batuk, demam, sesak nafas, dan gangguan pernafasan.

Pengelola mencantumkan cara melindungi diri dari Covid-19, yaitu:

- Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik atau gunakan hand sanitizer berbasis alkohol minimal kandungan 60 persen.
- Jangan menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.
- Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin dengan tisu. Buang tisu ke tempat sampah.
- Bersihkan dan lakukan disinfeksi secara rutin pada permukaan benda yang sering disentuh.

Daftar Rumah Sakit

Pemprov Sulsel memberikan informasi daftar rumah sakit rujukan, mulai dari alamat, nomor telepon, dan alamat surel (email). Berikut daftar rumah sakit rujukan di Sulawesi Selatan:

- RS Dr. Tadjuddin Chalid, MPH
- RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo
- RSUD Labuang Baji
- RS Tk.II Pelamonia
- RSUD Andi Makassar
- RSUD Sinjai
- RSUD Lakipadada

Info

Pada opsi ini ditampilkan beberapa protokol pemerintah untuk Covid-19 seperti protokol kesehatan, komunikasi, pengawasan perbatasan, area pendidikan, dan area transportasi publik.

Protokol-protokol tersebut dapat diunduh secara gratis.

Selain itu ada juga daftar call center kota/kabupaten di Sulawesi Selatan. Misalnya, call center Kabupaten Bone bisa dihubungi melalui nomor telepon 0812-4144-9191.

Pengelola tak lupa mencantumkan infografis lawan corona, misalnnya 10 cara untuk menjaga kesehatan saat wabah Covid-19.

Berita

Pemprov Sulsel menyematkan berita terkini terkait perkembangan wabah Covid-19 di daerahnya serta daftar informasi palsu terkait Covid-19 dan dapat diunduh secara gratis.

FAQ (Frequently Asked Questions/kolom tanya jawab)

Pada bagian ini, ditampilkan pertanyaan-pertanyaan umum seputar Covid019. Ambil contoh, Siapa yang termasuk Orang Dalam Pemantauan (ODP)?

Jawabannya, ODP Covid-19 adalah jika Anda mengalami gejala demam atau ada riwayat demam atau ISPA tanpa pneumonia dan memiliki riwayat perjalanan ke negara terjangkit pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala. (din/mik)