Peneliti Temukan Hewan yang Tak Butuh Oksigen

CNN Indonesia | Kamis, 05/03/2020 13:55 WIB
Peneliti Temukan Hewan yang Tak Butuh Oksigen Henneguya salminicola salah parasit yang tidak butuh oksigen. (Foto: Stephen Atkinson/Oregon State University's Department of Microbiology)
Jakarta, CNN Indonesia -- Peneliti baru saja menemukan hewan yang tak memerlukan oksigen untuk bernapas. Hewan parasit yang dimaksud adalah organisme dengan 10 sel yang hidup di dalam jaringan ikan salmon.

Organisme tersebut berevolusi sehingga tidak perlu oksigen untuk menghasilkan energi. Peneliti Senior dari Departemen Mikrobiologi Universitas Oregon, Stephen Atkinson menulis makalah organisme yang bernama Henneguya salminicola tersebut.

"Ketika kita berpikir tentang 'binatang,' kita (biasanya langsung) membayangkan makhluk bersel banyak yang membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. (Namun tidak terpikirkan) organisme bersel tunggal termasuk protista dan bakteri," jelas Atkinson.

Atkinson menjelaskan dalam penelitian, tim telah menemukan setidaknya ada satu hewan multisel yang tidak memiliki perangkat genetik untuk menggunakan oksigen.


H. salminicola adalah sejenis parasit yang berkaitan dengan ubur-ubur dan karang. Ia hidup di dalam salmon dan dan mencuri nutrisi dari ikan Salmon.

"Mencuri nutrisi yang siap pakai dari Salmon. Alih-alih mengonsumsi oksigen secara langsung," ujar Atkinson kepada CNN

Temuan ini dipercaya Aktinson memperluas definisi tentang binatang. Temuan parasit kecil tersebut merupakan hal luar biasa yang membuat perubahan definisi tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Parasit hidup di lingkungan yang rendah oksigen, sehingga tidak bernapas. Organisme ini membentuk kista putih kecil di otot salmon. Peneliti yakin parasit tidak membahayakan ikan lain dan tidak dapat menginfeksi manusia.

Organisme tersebut hidup di dalam tubuh ikan sebagai inangnya. Di dalam tubuh ikan tidak terdapat oksigen sehingga parasit harus bernapas tanpa membutuhkan oksigen. Organisme menghilangkan genom mitokondria. Genom ini mengubah makanan menjadi energi di organisme lainnya.

"Dengan kehilangan genom, parasit menghemat energi dengan tidak harus menyalin gen untuk hal-hal yang tidak lagi dibutuhkan," kata Atkinson.

Para peneliti tidak tahu pasti apa yang digunakan parasit untuk bernapas tanpa menggunakan oksigen. Akan tetapi, Atkinson mengatakan berasumsi parasit menyerap molekul dari inangnya yang telah menghasilkan energi.

Atkinson dan para peneliti yakin masih banyak hewan yang hidup tanpa oksigen. Ia berharap menemukan lebih banyak spesies yang dapat bertahan hidup tanpa oksigen. Bahkan mungkin dengan cara hidup yang lebih aneh dibandingkan H. salminicola. (jnp/eks)