Muncul Hoaks Jaringan 5G dari Wuhan China Sebarkan Corona

CNN Indonesia | Kamis, 05/03/2020 05:32 WIB
Teori ini berpusat pada fakta bahwa Wuhan, tempat pertama virus corona tersebar adalah kota pertama di China yang meluncurkan jaringan 5G. Ilustrasi virus Corona di Wuhan China. (Chinatopix via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Informasi hoaks beredar menyebut jaringan generasi kelima 5G sebagai penyebab Virus corona (Covid-19). Padahal seperti yang kita tahu, Covid-19 disebabkan oleh virus yang berasal dari hewan.

Dilansir dari Mirror, di berbagai media sosial, khususnya Facebook beredar informasi bahwa jaringan 5G menyebabkan virus corona karena menyedot oksigen keluar dari paru-paru manusia.




Bahkan kota yang pertama kali terdampak corona , Wuhan telah mengimplementasikan 5G. Virus Corona telah menjadi momok bagi seluruh negara di dunia.

Dilansir dari Metro, berbagai kasus positif atau terduga corona sudah terjadi di beberapa negara. Histeria massal terjadi, salah satunya disebabkan oleh berita hoaks mengenai corona.


Dalam satu grup Facebook anti-5G bernama 'Stop5G' telah beredar informasi dan postingan yang menyalahkan 5G sebagai penyebab virus corona. Grup ini memiliki 26 ribu anggota dan secara aktif membagikan postingan dan informasi salah tersebut.

Anggota kelompok lain yang disebut 'STOP 5G U.K' bahkan telah menuding wabah virus corona baru di Italia karena telah meluncurkan 5G.

[Gambas:Youtube]

Teori ini berpusat pada fakta bahwa Wuhan adalah kota pertama di China yang meluncurkan 5G. Hoaks menyebutkan 5G merusak sistem kekebalan tubuh.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) merilis puluhan informasi palsu (hoaks) dan disinformasi soal Covid-19

Ditambah lagi, virus itu sudah menyebar ke Indonesia dan menjangkiti dua orang karena berkontak langsung dengan warga negara Jepang yang positif terjangkit virus corona. (jnp/DAL)