Asal Usul Dark Mode Hingga Tenar di Berbagai Aplikasi Medsos

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Kamis, 05/03/2020 07:55 WIB
Mode gelap pada perangkat pendukung kerja tanpa disadari sudah ada lebih dari 25 tahun lalu. Ilustrasi dark mode. (Foto: CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fitur mode gelap (dark mode) menjadi sorotan setelah aplikasi pesan WhatsApp meluncurkan fitur tersebut pada Android versi 2.20.69 dan untuk iOS versi 2.20.30. Banyak artikel yang kemudian mengulas manfaat fitur tersebut, salah satunya untuk kesehatan.

Namun, perlu diketahui bahwa mode gelap pada perangkat pendukung kerja bukan hal yang baru.

Melansir UX Design, komputer merupakan teknologi yang pertama kali menganut mode gelap hingga akhirnya menjalar ke Twitter, Facebook Messenger, Slack, Reddit, Viber, hingga Instagram dan terakhir WhatsApp.


Layar komputer terdahulu memiliki latar gelap dengan huruf dan angka berwarna karena kapasitas tabung sinar katoda yang digunakan saat itu.

Perancang komputer saat ini menggunakan pendekatan skeumorfik di mana polaritas positif diadopsi untuk membuat tampilan layar komputer menyerupai kertas. Perancang saat itu dihadapkan pada kondisi karyawan perusahaan yang familiar dengan kertas.

Melansir Codaxy, mode gelap telah ada sejak komputer pertama kali dibuat dan dikembangkan. Mode itu ada karena komputer saat itu menggunakan layar Cathode Ray Tube (CRT) monokrom dengan fosfor berwarna hitam pada latar belakang yang bisa berubah menjadi hijau karena pengaruh elektron yang dipercepat.

Melansir Android Authority, beberapa komputer rumahan yang paling awal menggunakan monitor monokrom CRT yang menampilkan teks kehijauan pada layar hitam. Banyak mesin pengolah kata awal juga diizinkan untuk mengetik teks putih pada latar belakang hitam.

Namun, semua itu berubah di tahun 80-an ketika perusahaan seperti Xerox dan CPT Corporation membuat mesin pengolah kata yang memiliki layar putih dengan teks hitam. Teknologi itu dibuat untuk mereplikasi tampilan tinta di atas kertas.

Beberapa tahun kemudian mode gelap kembali populer. Perusahaan seperti Apple dan Google banyak mengiklankan tema gelap untuk semua produk mereka dan dunia mengikutinya.

[Gambas:Video CNN]

Keuntungan paling umum dan ilmiah dari mode gelap adalah menghemat konsumsi energi pada perangkat dengan tampilan OLED atau AMOLED. Pada panel OLED, setiap piksel menyala secara individual.

Ketika latar belakang putih, semua piksel dihidupkan dan tampilan menuntut lebih banyak daya. Ketika piksel hitam atau abu-abu gelap, seperti halnya dalam mode gelap, persyaratan daya tampilan secara alami diturunkan.

Kemampuan hemat daya mode gelap ini terbatas pada layar OLED, sehingga ponsel, monitor, dan laptop dengan layar LCD tidak terlalu diuntungkan.

Fitur mode gelapFitur mode gelap. (Foto: CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Kegunaan lain dari mode gelap yang sering kita dengar adalah memotong cahaya biru yang berbahaya. Cahaya biru adalah spektrum cahaya tampak berenergi tinggi dengan panjang gelombang terpendek.

Menurut sebuah makalah Harvard Health, paparan berlebihan terhadap cahaya biru dapat menekan sekresi melatonin, hormon yang penting untuk mendapatkan tidur yang baik di malam hari.

Perusahaan sering membuat klaim besar tentang bagaimana mode gelap meningkatkan visibilitas, mengurangi ketegangan mata, dan membuatnya lebih mudah untuk menggunakan perangkat dalam cahaya rendah. Namun, hal itu tidak selalu benar. (jps/mik)
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK