NASA Temukan Objek Misterius di Mars

Joko Panji Sasongko, CNN Indonesia | Jumat, 06/03/2020 19:14 WIB
NASA Temukan Objek Misterius di Mars Ilustrasi gunung oleh NASA. (Foto: NASA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan objek 'aneh' di Mars. Objek tersebut seolah terlihat seperti gunung, namun memiliki cekungan yang cukup dalam.

Saat dilihat lebih lanjut, ternyata cekungan tersebut merupakan sebuah lubang. Lubang tersebut diprediksi terbentuk karena aktivitas vulkanik di bawah permukaan Mars.

Objek ini berada di lereng barat gunung berapi Pavonis Mons. Dilansir dari Science Alert, objek tersebut merupakan pintu di permukaan Mars ke arah kantung lava.




Rongga ini muncul karena aliran lava bisa memadat di di permukaan. Lava tetap mengalir di bawah permukaan tersebut.

NASA mengungkapkan lubang tersebut memiliki diameter 35 meter dengan kedalaman sekitar 28 meter.

"Lubang seperti ini sangat menarik karena gua bagian dalamnya relatif terlindung dari permukaan Mars yang keras, menjadikan mereka kandidat yang relatif baik untuk menampung kehidupan Mars," kata NASA.

[Gambas:Video CNN]

Dilansir dari Independent, gambar lubang tersebut sesungguhnya telah ditemukan sejak 2011. Sejak saat itu, NASA terus menjelajahi permukaan Mars untuk mencari lubang serupa.

Perburuan itu dengan perluasan misi untuk mencari habitat bawah tanah yang potensial. Sebab peneliti menduga ada kehidupan alien yang tersembunyi di bawah permukaan Mars.

Peneliti juga bisa menjadi tempat yang berguna apabila Manusia ingin ke mars. Gua bisa menjadi tempat perlindungan manusia dari lingkungan mars yang ekstrem. (panji/mik)