Gaikindo Khawatir Corona 'Pukul' Pasar Mobil Nasional 2020

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 10/03/2020 08:29 WIB
Gaikindo belum merevisi target penjualan otomotif nasional 2020 meski penyebaran virus corona di Indonesia sudah terlihat. Seorang pengunjung pameran otomotif lokal sedang melihat-lihat mobil keluaran terbaru. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) optimis pasar otomotif nasional 2020 mencapai target.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan tahun ini target penjualan otomotif seharusnya mencapai 1.050.000 unit meski dibayangi banjir di sejumlah wilayah, dan enam warga dinyatakan positif corona.

"Saya terus terang berharap penjualan mobil tahun ini pulih naik lagi, jadi intinya bahwa tahun lalu sangat terpukul karena agenda politik berat. Dengan agenda ini akibatnya penjualan turun, harusnya tahun ini pulih," kata Nangoi di Jakarta pada pekan lalu.


"Tapi ada banjir, terus ada pukulan lagi dari sisi covid (penyebaran virus corona). Ini sangat berpengaruh," lanjut dia.

Nangoi memprediksi pasar mobil nasional tertekan tidak hanya disebabkan wabah virus corona, namun masih banyak faktor lain di antaranya melemahnya daya beli masyarakat imbas.

Sebagai informasi pada Januari 2019, penjualan mobil Indonesia hanya 79.983 unit. Hasil itu turun dibandingkan Januari 2018 yang mencapai 82.442 unit dan Desember 2019 sebanyak 87.662 unit.

"Karena contohnya di Bali jumlah turis turun. Itu otomatis travel agent yang harusnya beli kendaraan bus banyak, turun juga. Ini berdampak makanya kendaraan berdampak," kata Nangoi.

Kendati demikian, Nangoi masih optimistis wabah corona ini segera teratasi agar tak mengusik industri otomotif nasional. Menurut dia asosiasi juga belum terpikir merevisi target penjualan 2020.

"Jadi belum ada revisi untuk target tahun ini," ucap Nangoi.

[Gambas:Video CNN]

Mengaca penjualan mobil di Indonesia pada 2019 turun menjadi 1.030.126 unit dari tahun sebelumnya sebesar 1.151.308 unit. Target penjualan otomotif 2019 tercapai setelah Gaikindo merevisi target penjualan menjadi 1 juta unit dari 1,1 juta unit dampak sengitnya pertarungan Joko Widodo dan Prabowo Subianto kala itu.

Sementara itu Menteri Perindustrian Agus Gumiwang berharap dalam satu sampai dua bulan ke depan wabah corona di dunia bisa mereda agar tidak mengusik sektor ekonomi dan industri otomotif lokal.

"Ya kami harapkan satu atau dua bulan sudah ada normalisasi dari covid 19 dan sekarang pemerintah ingin benar-benar berjalan bareng dengan industri Gaikindo untuk memastikan target-target tersebut," tutup Agus. (ryh/mik)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK