Hasil Uji Tabrak Mobil Istri Boy Rafli yang Ditabrak TransJ

CNN Indonesia | Rabu, 11/03/2020 15:36 WIB
Mitsubishi Pajero Sport produksi Thailand pernah diuji tabrak oleh ASEAN NCAP pada 2016, hasilnya 5 bintang. Petugas kepolisian mengamankan lokasi tabrakan antara mobil pribadi dengan TransJakarta di Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (10/3/2020). (ANTARA/Taufik Ridwan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mitsubishi Pajero Sport yang ditumpangi I, istri perwira tinggi kepolisian Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar, ringsek usai ditabrak bus Transjakarta pada Rabu (11/3).

Dari foto yang diambil usai kecelakaan, Sport Utility Vehicle (SUV) ini mengalami kerusakan cukup parah terutama di bagian pintu samping bagian kiri, pilar B dan C, bahkan roda depan terlihat nyaris terlepas.


Kecelakaan ini tidak menimbul korban jiwa meski sang sopir Pajero Sport berinisial MJ dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.


Pajero Sport yang ditumpangi I diketahui merupakan model terbaru yang luncurkan di Indonesia pada 2016. Mobil ini telah diuji tabrak oleh ASEAN New Car Assessment Program (NCAP), hasilnya lima bintang atau tertinggi.

Uji tabrak itu dilakukan pada 2016 untuk Pajero Sport yang diproduksi di Thailand, namun hasilnya bisa jadi acuan untuk produksi Indonesia. Mitsubsihi memproduksi Pajero Sport di pabrik Bekasi, Jawa Barat.

Hasil uji tabrak generasi Pajero Sport tersebut lebih baik ketimbang generasi sebelumnya yang hanya memperoleh empat bintang pada sesi pengujian 2013.

Dalam keterangan resmi ASEAN NCAP, Mitsubishi Pajero Sport 2016 memperoleh lima bintang hanya untuk varian tertinggi yang mempunyai fitur Electronic Stability Control (ESC) dan Seatbelt Reminder System (SBR).

Pajero Sport tanpa ESC dan SBR hanya diberikan empat bintang namun tetap memiliki poin yang sama untuk kategori perlindungan penumpang dewasa, yaitu 15.29 dari 16.00.


[Gambas:Youtube]

Sementara hasil uji tabrak Pajero Sport kategori perlindungan penumpang anak hanya memperoleh empat bintang. Hasil ini masih lebih baik dari generasi sebelumnya dua bintang.

Sebagai informasi kini sopir Transjakarta yang menabrak mobil istri Boy Rafli, berinisial JW sudah ditetapkan sebagai tersangka akibat dugaan kelalaiannya.

Kecelakaan bermula saat bus yang dikendarai JW melaju dari arah utara menuju selatan. Sesampainya di Jalan Sultan Iskandar Muda, tepatnya di Persimpangan Silkar Kebayoran Lama, JW diduga kurang berhati-hati menabrak badan mobil Pajero Sport yang sedang berbelok dari arah selatan menuju timur. (ryh/fea)