Edukasi & Fitur

Fungsi Airbag Samping, Berkaca Kecelakaan Istri Boy Rafli

CNN Indonesia | Rabu, 11/03/2020 21:06 WIB
Fungsi Airbag Samping, Berkaca Kecelakaan Istri Boy Rafli Side curtain airbags. (euroncap.newsmarket.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kantong udara alias airbag punya berbagai fungsi perlindungan tergantung di mana letaknya. Airbag bisa berada di kemudi, depan lutut, atau di bingkai jendela seperti tirai bila ingin melindungi dari tabrak samping misalnya pada kasus tabrakan mobil istri Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar dengan Transjakarta.

Seperti diketahui Mitsubishi Pajero Sport yang ditumpangi sang istri berinisial I ditabrak dari arah samping oleh sopir Transjakarta yang teledor pada Selasa (10/3). Kedua pintu samping depan sebelah kiri rusak, serta ban depan terlihat pada foto seperti mau copot.


Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun ada pelajaran yang bisa diambil yakni soal perlindungan airbag di bingkai jendela atau disebut side curtain airbags.


Mengutip howstuffworks, side curtain airbags letaknya ada di sisi samping pengemudi atau penumpang depan yang saat terpicu tabrakan akan mengembang seperti tirai.

Amerika Serikat sudah mewajibkan semua kendaraan baru dilengkapi fitur tersebut guna meningkatkan keselamatan. Fitur curtain airbag pada mobil sudah menjadi standar di Amerika sejak 2013.

Sementara mobil-mobil di Indonesia pada umumnya hanya punya dual SRS airbag, yakni yang terletak di kemudi dan di dasbor di hadapan penumpang depan. Perlu dipahami, semakin banyak airbag biasanya harga mobil menjadi lebih mahal.


[Gambas:Video CNN]

Saat side curtain airbag mengembang, penumpang akan terlindungi dari dorongan bodi mobil yang menjorok ke kabin saat tabrakan samping. Selain itu fitur ini juga menghalangi pecahan kaca yang mungkin menyebar ketika tabrakan.

Ford menjadi salah satu produsen yang membuat fungsi side curtain airbag lebih maksimal melindungi penghuni kabin ketika mobil terguling berkali-kali.

Side curtain airbag pada Ford lebih lama kempis pascakecelakaan, sedangkan airbag pada umumnya kempis dalam hitungan satu detik setelah mobil mengalami kecelakaan. Ford biasa meletakkan side curtain airbag pada mobil berprofil 'jangkung' misalnya untuk SUV yang rentan insiden terguling. (ryh/fea)