Peluncuran iPhone 12 dan iPhone 9 Diundur Imbas Virus Corona

CNN Indonesia | Senin, 16/03/2020 15:25 WIB
Apple menunda peluncuran iPhone 12 dan iPhone 9 (SE 2) akibat wabah corona SARS-CoV-2 yang rencananya meluncur September 2020. Ilustrasi iPhone. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple dikabarkan menunda peluncuran iPhone 12 dan iPhone 9 (SE 2) akibat wabah corona SARS-CoV-2 . iPhone 12 dijadwalkan meluncur pada September 2020, sementara ponsel 'murah' iPhone SE 2 seharusnya meluncur pada Maret 2020.

Analis dari Bank of America, Elliot Lan mengatakan bahwa peluncuran iPhone 5Gdengan informasi bahwa iPhone 5G akan ditunda setidaknya sebulan akibat wabah corona. Patut diketahui seluruh varian iPhone 12 mendukung jaringan 5G dan menjadi iPhone pertama yang mendukung 5G.

Di sisi lain, iPhone 9 dikabarkan juga akan ditunda hingga dua bulan karena masalah rantai pasokan dan minimnya minat masyarakat akibat corona.


Seri iPhone 12 dikabarkan akan mendapatkan perombakan desain dan akan terlihat seperti iPhone 5 berukuran besar dengan tepian logam. Selain itu iPhone 12 juga akan memiliki desain layar all display seperti seri iPhone X dan iPhone 11.


Dilansir dari BGR, iPhone 12 terdiri dari empat varian, bukan tiga varian seperti biasanya. Empat varian ini termasuk dua model iPhone 12 dan dua model iPhone 12 Pro.

Analis Wamsi Mohan mengatakan peluncuran akan bergantung pada peningkatan produksi pada April dan Mei. Pabrik Manufaktur China diperkirakan akan mulai beroperasi normal pada akhir Maret.

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya, ada rumor perihal penundaan peluncuran iPhone 12 karena masalah produksi. Namun, CEO Apple Tim Cook baru-baru ini mengumumkan bahwa perusahaan bisa menangani situasi tersebut dengan baik.

Kendati demikian, dilansir dari Money Control, Apple telah membuka 80 persen toko setelah ditutup sementara akibat wabah corona.

(jnp/DAL)