Observatorium Bosscha Bandung Ditutup Sementara Cegah Corona

CNN Indonesia | Jumat, 13/03/2020 16:59 WIB
Observatorium Bosscha Bandung Ditutup Sementara Cegah Corona Ilustrasi observatorium Bosscha. (Istockphoto/kuddl-24)
Jakarta, CNN Indonesia -- Upaya preventif dilakukan instansi pendidikan dan penelitian terkait penyebaran lokal virus corona (SARS-COVID-2). Observatorium Bosscha, unit kerja yang termasuk dalam lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB) bidang astronomi di Bandung menutup kunjungan masyarakat untuk sementara waktu.


"Sesuai imbauan dari Institut Teknologi Bandung, maka Observatorium Bosscha memutuskan untuk menghentikan sementara kunjungan publik terhitung 
sejak 15 Maret 2020 hingga waktu yang belum dapat ditentukan," kata peneliti Observatorium Bosscha Yatny Yulianty dalam keterangan resmi, Jumat (13/3).

Yatny menjelaskan ada sejumlah pertimbangan terkait penutupan kunjungan tersebut. Utamanya, terkait status pandemi Covid-19 serta penyebaran virus yang sedang meningkat di Indonesia.


"Observatorium Bosscha sebagai unit kerja dalam lingkup ITB yang melayani pendidikan astronomi untuk publik dalam bentuk kunjungan siswa sekolah dan masyarakat umum, senantiasa mementingkan keselamatan dan kesehatan pengunjung, staf, maupun seluruh warga sekitar kawasan Observatorium Bosscha," tuturnya.


Dia juga mengatakan Observatorium Bosscha menerima pengunjung, terutama kelompok siswa-siswi sekolah, dalam jumlah besar  yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

"Dan memperhatikan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 3 Tahun 2020 serta imbauan dari Institut Teknologi Bandung," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]

Yatny menambahkan seluruh reservasi kunjungan pada rentang waktu tersebut dengan berat hati dibatalkan secara sepihak dan layanan pendaftaran ditutup sejak pengumuman ini diterbitkan.

"Observatorium Bosscha berterima kasih atas dukungan, kerjasama, dan pemakluman dari semua pihak sebagai upaya bersama dalam menjaga kesehatan," kata Yatny.

Sebelumnya, ITB juga telah mengeluarkan edaran melarang kunjungan sekolah ke dalam wilayah kampus ITB yang beralamat di Jalan Ganesa maupun yang di Jatinangor, Bandung. 

ITB juga meminta seluruh civitas academica dan masyarakat kampus untuk membatasi interaksi dengan segala sesuatu yang memungkinkan tersebarnya virus corona.

(hyg/DAL)