Pasien Corona Bertambah, Netizen Cuitkan #InaSOSCorona

CNN Indonesia | Senin, 16/03/2020 14:35 WIB
Pasien positif corona RI terus bertambah, netizen menggaungkan tagar #InaSOSCorona dan bertengger di urutan dua topik twitter terpopuler. Ilustrasi virus corona di Indonesia. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah melalui juru bicara khusus penanganan virus corona novel (Covid-19), Achmad Yurianto pada Minggu (15/3) mengumumkan pasien positif corona di Indonesia mencapai 117 orang.

Artinya, ada 21 kasus baru. Sebelumnya jumlah positif corona pada Sabtu (14/3) berjumlah 96. Yuri mengatakan spesimen positif didominasi dari Jakarta.

"19 orang di Jakarta dan 2 di Jawa Tengah," kata Yurianto.


Sontak, netizen di Twitter menggaungkan tagar #InaSOSCorona dan bertengger di urutan kedua topik terpopuler.

Seperti yang dicuitkan @RamdaniFausi yang menghimbau masyarakat Indonesia menghentikan sementara aktivitas di luar rumah. Sebab, penyebaran virus semakin masif.

"Karena virus sudah ada di Indonesia memang sebaiknya aktivitas diluar dihentikan dulu sampai benar-benar tidak ada yang terjangkit lagi. Apalagi virusnya kita tidak tahu tersebar dimana saja. Ini demi kebaikan bersama. Kita harus kompak #InaSOSCorona sebaiknya #dirumahsaja stop #GueNgantor," kata dia.



Lalu, akun @Rania906 mencuitkan saran untuk menjaga kesehatan diri seperti memakai masker dan rajin mencuci tangan.

"Kita sadar diri saja, sayangi diri, love my self dengan pakai masker, dan cuci tangan. #InaSOSCorona #COVID19indonesia," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]

Uniknya, akun @ilyass85774062 mengunggah foto jamu anti corona.

"Ada yang minat #InaSOSCorona #coronapocolypse #dirumahaja," cuitnya.



Cuitan sarkasme soal virus corona juga dilontarkan akun @mnlatif2, ia bersyukur virus tak menyebar lewat rindu.

"Alhamdulillah, virus corona tidak menyebar lewat rindu, jadi bebas rinduin doi. #InaSOSCorona #SeninAmbyar," cuitnya.



Menyoal keseluruhan pasien yang terinfeksi virus corona di seluruh dunia mencapai 167 ribu orang menurut data John Hopkins University.

Sementara korban meninggal dunia mencapai lebih dari 6.500 jiwa per Senin (16/3). Di sisi lain, sekitar 77.770 pasien sejauh ini dinyatakan sembuh dari corona.

Per hari ini, China mengonfirmasi 16 kasus dan 14 kematian baru. Kendati demikian, jumlah infeksi dan total korban masih paling bank di China.

Total kasus corona yang terjadi di China mencapai 80.860 kasus dengan didominasi kasus terbanyak dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei.

(din/DAL)