Kerja di Rumah, Operator Bicara Kesiapan Internet

CNN Indonesia | Senin, 16/03/2020 16:23 WIB
Sejumlah operator seluler telah mengantisipasi meningkatkan trafik layanan internet di Indonesia selama ada imbauan bekerja dari rumah (work from home/ WFH). Ilustrasi. (Startup Stock Photos)
Jakarta, CNN Indonesia -- Operator telekomunikasi mengungkap kesiapan jaringan mereka untuk menangani lonjakan lalu lintas internet di kawasan pemukiman sebagai imbas dari imbauan bekerja dari rumah (work from home/WFH).

Kebijakan ini diimbau oleh Presiden Joko Widodo, Minggu (15/3), untuk mengurangi penularan akibat wabah virus corona (SARS-CoV-2). Selain itu, pemerintah juga mengimbau masyarakat agar beribadah di rumah dan belajar dari rumah. Imbauan ini dipastikan akan meningkatkan trafik layanan internet di Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro menjamin kesiapan jaringan dan layanan Telkomsel. Ia mengatakan perusahaan berkomitmen untuk menyediakan layanan berkualitas untuk menjamin kenyamanan pelanggan. Ia menjelaskan Telkomsel telah menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan.

"Telkomsel berkomitmen untuk memastikan seluruh layanan Telkomsel tetap tersedia dan aktivitas operasional tetap berjalan normal. Telkomsel telah menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan," kata Setyanto dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (16/3).


Dihubungi terpisah, Wakil Direktur Utama PT Hutchison 3 Indonesia (Tri), Danny Buldansyah juga menjamin Tri mampu menangani lonjakan trafik karena telah melakukan ekspansi jaringan sejak 2019.

"Tri sudah melakukan ekspansi secara agresif sejak tahun lalu sehingga kapasitas dan kualitas layanan akan mampu menangani lonjakan trafik," kata Danny.

[Gambas:Video CNN]

XL juga mengumumkan kesiapaan mengantisipasi potensi kenaikan trafik semua layanan terkait meningkatnya aktivitas bekerja dan belajar dari rumah yang dilakukan masyarakat sebagai upaya menghindari penyebaran virus Corona.

Untuk itu, XL Axiata telah menyiapkan jaringan yang memadai di semua wilayah layanan, termasuk menyiagakan tim jaringan selama 24 jam sehari. Selain itu, jika memang terjadi peningkatan trafik yang signifikan, XL Axiata juga siap meningkatkan kapasitas jaringan.

"Tim kami di lapangan juga akan selalu siap memastikan jaringan kami selalu aman, tanpa mengabaikan sisi kesehatan dan keselamatan kerja," (Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa Gede Darmayusa.

Indosat Ooredoo pun memastikan koneksi jaringan mereka mendukung kelancaran kebutuhan internet pelanggan.

"Kami memastikan performansi jaringan dalam mendukung komunikasi lancar bagi pelanggan, termasuk kesiapan kapasitas jaringan untuk melayani peningkatan trafik atau kebutuhan koneksi telekomunikasi," tulis Indosat dalam siaran pers.

Lebih lanjut, Setyanto mengatakan tingginya potensi penggunaan layanan data oleh masyarakat di sejumlah wilayah merupakan dampak diberlakukannya kebijakan bekerja dan belajar dari rumah oleh sejumlah perusahaan dan sekolah.

"Pengamanan jaringan terutama difokuskan di wilayah residensial dan juga titik posko penanggulangan COVID-19 seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan terkait," ujar Setyanto.

Menurutnya, Telkomsel juga telah berkoordinasi dengan seluruh mitra strategis termasuk para mitra distributor dan reseller untuk menjamin ketersediaan produk dan layanan Telkomsel. (jnp/eks)