'Terpukul' Corona, IIMS 2020 Ditunda

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 16/03/2020 20:30 WIB
Keputusan menunda IIMS 2020 setelah mempertimbangkan segala aspek, mulai dari kesehatan pengunjung dan peserta, hingga mendengarkan dari pendapat pemerintah. Pameran otomotif IIMS 2017. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara IIMS 2020 mengumumkan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 ditunda akibat meluasnya corona (Covid-19) di Tanah Air. IIMS seharusnya digelar mulai 9-19 April 2020 di JI Expo Kemayoran, Jakarta.

Perwakilan Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara IIMS 2020, Hendra Noor Saleh mengatakan keputusan penundaan setelah mempertimbangkan segala aspek, mulai dari kesehatan pengunjung dan peserta, hingga mendengarkan dari pendapat pemerintah.

"Semula kami optimis dampak corona akan berlahan-lahan menyurut. Bangsa kita perlu aktivitas bisnis, produk otomotif butuh berjualan, artisan dan komunitas otomotif perlu wadah berkumpul," kata pria yang disapa Kohen ini melalui keterangan tertulis, Senin (16/3).


Menurutnya kekhawatiran untuk terus menggelar acara juga datang dari para peserta yang merupakan pelaku industri otomotif.

Berdasarkan data pemerintah per hari ini Senin (16/3), pasien positif corona bertambah menjadi 134 orang. Dari jumlah tersebut lima orang meninggal, sementara delapan orang dinyatakan sembuh.

"Namun perkembangan hari demi hari justru ke arah sebaliknya. Pasien terjangkit pandemik Covid-19 semakin bertambah, sekolah kini diliburkan, sejumlah tempat umum dan hiburan ditutup sementara, karyawan juga sudah banyak yang bekerja secara remote," ungkap dia.

Kohen menyampaikan bersamaan dengan itu rangkaian IIMS regional di kota Makassar yang dijadwalkan 15- 19 April 2020 juga ditunda dengan pertimbangan serupa.

"Sehingga, bersama dengan pemerintah dan stakeholders lainnya, kami yakin penundaan adalah langkah terbaik dan bijak di saat sulit ini," kata Kohen.

Kohen menambahkan sebagai penyelenggara pihaknya berharap situasi berangsur pulih dan kegiatan bisnis serta pameran dapat segera normal.

Sejauh ini puluhan Agen Pemegang Merek (APM) roda empat dan dua sudah memastikan ikut IIMS 2020. Dari merek mobil di antaranya BMW, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, Mini, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Toyota, Wuling, dan satu lagi merek baru yang identitasnya masih dirahasiakan.

Sedangkan dari merek roda dua yaitu Honda, Benelli, Electro, Kawasaki, Kymco, Royal Enfield, Viar, dan Yamaha.

"Penundaan ini menjadi langkah terbaik sekaligus terberat yang harus kami lakukan untuk IIMS di Jakarta maupun Makasar. Atas nama PT Dyandra Promosindo, saya menyampaikan permohonan maaf dan apresiasi tinggi kepada APM, sponsor, partner, teman-teman media dan stakeholders yang selalu mendukung IIMS," kata Kohen. (ryh/mik)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK