Lawan Corona, Google, Instagram, Microsoft Bergerak

CNN Indonesia | Selasa, 17/03/2020 15:38 WIB
Tangkal penyebaran virus corona, Google, Instagram, Microsoft bergerak bantu hentikan meluasnya infeksi. Ilustrasi. (CNN Indonesia/M. Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah perusahaan teknologi dunia seperti Microsoft, Google, dan Instagram saat ini tengah gencar melawan wabah virus corona novel (Covid-19) yang telah menjangkiti puluhan negara di seluruh dunia.

Misalnya, Alphabet Inc perusahaan induk Google telah melakukan kerjasama dengan Gedung Putih (White House) untuk membuat sebuah situs khusus yang menyajikan informasi terkait perkembangan virus corona.

Lalu, ada juga layanan media sosial Instagram yang menambahkan fitur soal corona. Microsoft pun ikut memberikan sumbangsih dengan membuat peta penyebaran infeksi virus SARS-COV-2.

Berikut rincian cara perusahaan teknologi dunia tangkal wabah Covid-19:


1. Google Kembangkan Situs Berisi Edukasi Covid-19

Layanan mesin pencari, Google bersama Gedung Putih telah mengembangkan situs yang berisi edukasi dan cara mencegah penyebaran virus corona novel (Covid-19) berdasarkan sumber dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian Penyakit Amerika (CDC).

Situs itu dijadwalkan dapat segera diakses pada 16 Maret 2020 waktu setempat. Selagi menunggu situs Covid-19 resmi dirilis, Google gencar mempromosikan kampanye "Do the Five" untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mulai dari tindakan yang sederhana untuk memperlambat penyebaran virus.

"Selain itu kami juga menambahkan informasi yang diberi nama COVID-19 SOS Alerts, yang diarahkan ke situs otoritas kesehatan nasional serta peta area yang terkena dampak virus corona," kata CEO Alphabet dan Google Sundar Pichai, dikutip laman resmi Google

Lebih lanjut kata Pichai, layanan Google Search dan Maps saat ini menampilkan tempat apa saja yang ditutup sementara karena virus corona seperti sekolah, restaurant hingga kantor.

2. Microsoft Luncurkan Dashboard Real-time untuk Lacak Wabah Corona

Perusahaan teknologi yang digawangi Satya Nadella ini juga mengikuti langkah Google untuk membuat dashboard khusus untuk melacak wabah Covid-19, seperti dikutip The Next Web

Microsoft melengkapi data itu dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (Centers for Disease Control and Prevention/CDC), dan Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit Eropa (European Centre for Disease Prevention and Control/ECDC).

Dahsboard buatan Microsoft dapat diakses di alamat https://bing.com/covid.

[Gambas:Video CNN]

3. Instagram Sematkan Fitur Di Atas Feed untuk Diarahkan ke Situs WHO

Layanan media sosial Instagram telah menambahkan fitur baru yang diletakkan di atas feed pengguna. Fitur ini mengarahkan pengguna ke situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mencari informasi akurat soal virus corona.

Adapun pesan yang disematkan di dalam fitur itu yakni, "Bantu Cegah Penyebaran Virus Corona: Lihat informasi terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia sehinga Anda dapat membantu mencegah penyebaran COVID-19 - Pergi ke who.int," seperti dikutip Tech Crunch. (din/eks)