Situs Resmi Pusat Corona ala Jokowi Bisa Diakses Bebas Kuota

CNN Indonesia | Jumat, 20/03/2020 08:44 WIB
Pemerintah telah meminta operator seluler agar memberikan akses gratis ke situs corona pusat www.covid19.go.id mulai tanggal 23 Maret. Situs resmi milis satgas bentukan Jokowi terkait corona di Indonesia. (Screenshot via www.covid19.go.id)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meminta operator seluler memberikan akses bebas kuota ke situs informasi virus corona (SARS-CoV-2) milik Gugus Tugas Penanganan Corona yang dipimpin oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atas instruksi Presiden Joko Widodo.

Hal ini dilakukan untuk mendorong masyarakat agar mau membuka situs www.covid19.go.id.

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan telah meminta operator agar memberikan akses gratis ke situs www.covid19.go.id terhitung mulai tanggal 23 Maret. Pelanggan tidak dikenakan biaya atau kuota saat mengakses situs tersebut.


"Kemenkominfo  telah berkoordinasi dengan operator telekomunikasi bahwa akses data situs resmi Pemerintah R.I. tentang Covid-19 www.covid19.go.id digratiskan dimulai per tanggal 23 Maret 2020," kata Johnny dalam konferensi pers di Gedung Kemenkominfo, Kamis (19/3).

Kemenkominfo mengatakan telah menerapkan protokol informasi publik penanganan pandemi virus corona yang telah ditetapkan.  Dukungan ini berupa penyediaan kanal informasi bagi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menyebarluaskan informasi penanganan virus corona.


Kanal informasi yang sudah aktif antara lain SMS blast dengan pengirim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), call center 119 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Public Service Announcement (PSA).

"Kemenkominfo telah menetapkan Nomor baru Pelayanan Darurat 117 bebas pulsa yang secara eksklusif digunakan oleh BNPB, dan meminta Operator Telekomunikasi membuka koneksinya sesegera mungkin," kata Johnny.

[Gambas:Video CNN]

Johnny menjelaskan saat ini belum ada pembicaraan mengenai insentif yang diberikan kepada operator terkait akses gratis situs corona milik BNPB. Ia mengapresiasi tindakan operator yang secara sukarela mengambil bagian dalam penanganan virus corona.

"Saat ini ibu pertiwi memanggil kita semua dan saat ini dijawab dengan baik oleh operator seluler," kata Johhny.

(jnp/DAL)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK